Kamis, 25 Maret 2010

SAKSI-SAKSI YEHUWA

Saksi-Saksi Yehuwa (SSY, Jehovah Witnesses) adalah aliran eksklusif yang sering secara terbuka mengaku sebagai ‘Siswa-Siswa Alkitab’ dan secara samar-samar mengaku sebagai 'Kristen', namun ajarannya bersifat antitesa terhadap kekristenan. SSY cenderung berpraktek melalui kunjungan dari rumah-ke-rumah, dan sekalipun SSY menyiarkan keyakinan mereka juga pada penganut agama lain, misi mereka diutamakan mendatangi umat Kristen yang sudah bergereja. Karena perilaku mereka yang cukup rajin mendatangi orang-orang yang sudah beragama di rumah mereka dan telah menimbulkan keresahan dan juga melakukan antitesa terhadap beberapa aspek pemerintahan (a.l. tidak menghormati bendera, transfusi darah), pada tahun 1976 melalui SK Jaksa Agung R.I., kegiatan mereka dilarang. Tetapi melalui SK Jaksa Agung RI pula, pada tanggal 1 Juni 2001, SK tahun 1976 itu dicabut sehingga sekarang SSY dapat bergerak menjalankan misinya dengan leluasa.

Prakteknya, SSY sekalipun secara resmi dilarang kala itu, kegiatan mereka berjalan terus apalagi kegiatannya kurang kelihatan sebagai organisasi yang memiliki 'gedung pertemuan' dan SSY lebih aktip dalam siar agamanya melalui pendekatan pribadi dengan kunjungan kerumah-rumah, apalagi di era reformasi dan keterbukaan sekarang, dapat dimaklumi kalau larangan demikian menjadi kurang efektif. Memang dalam era reformasi dengan demokrasinya, sudah bukan masanya umat Kristen menolak kehadiran mereka karena itu melanggar HAM tentunya. Namun, karena kegiatan SSY yang mendatangi rumah orang-orang Kristen, tentu sikap waspada dan melengkapi diri harus menjadi agenda umat Kristen.

SSY didirikan oleh Charles Taze Russel (1852-1916) yang semula adalah anggota gereja Presbyterian di Amerika Serikat dan kemudian terpengaruh Adventisme soal ajaran Akhir Zaman dan ajaran Christadelphian (penerus ajaran Arius) yang berbeda dengan ajaran Kristen yang umum. Pada tahun 1870 ia merasa memperoleh wahyu untuk menyingkapkan rahasia-rahasia Alkitab dan pada tahun 1872 membentuk kelompok pemahaman Alkitab sendiri dengan nama 'Siswa-Siswa Alkitab'. Setelah Russel meninggal (1916) ia digantikan oleh Joseph Franklin Rutherford, di bawah pemerintahannya mulai digunakan nama Saksi-Saksi Yehuwa. Pada tahun 1942 digantikan oleh Nathan Homer Knorr, menyusul tahun 1977 oleh Frederick W. Franz. Setelah kematian Franz (1992), Milton G. Henzel memerintah sampai mengundurkan diri di tahun 2000 dan digantikan oleh Don Adams. Tokoh-tokoh pemimpin ini dianggap seakan-akan sebagai nabi oleh para pengikutnya.

Ajaran SSY bukanlah merupakan exegese dari Alkitab tetapi lebih merupakan penafsiran para tokohnya. Buku utama mereka bukan Alkitab tetapi buku karya Russel berjudul 'Studies in the Scripture' (Penyelidikan Alkitab, 7 jilid) dan ‘Menara Pengawal’ dinilai berotoritas bahkan lebih dari Alkitab. Saksi Yehuwa merupakan organisasi teokratis yang menekankan keterlibatan semua anggotanya dalam siar agama, sedang nama Saksi-Saksi Yehuwa adalah nama yang baru di kemudian hari ditahun 1931 dipakai, 52 tahun setelah SSY berdiri, yang diambil dari ayat-ayat Yesaya 43:10-12.

SSY sangat aktif dalam siaran radio disamping kunjungan ke rumah-rumah, dan terutama propaganda literatur sangat ditekankan. Banyak buku-buku propaganda telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dicetak dengan harga murah tetapi dengan kualitas yang baik dan berwarna. Buletin SSY berjudul 'Menara Pengawal' dan 'Sedarlah' sangat menarik karena dikemas begitu indah dan berisi masalah-masalah yang hangat dihadapi manusia modern. Disamping itu traktat-traktat berwarna banyak dicetak dan disebar luaskan. Buku-buku SSY pada umumnya diterbitkan oleh 'Watchtower Bible and Tract Society of New York - International Bible Students Association' yang berlokasi di Brooklyn, New York.

Kepercayaan SSY yang utama adalah:

1. Alkitab adalah firman Allah yang benar: Alkitab Terjemahan Baru SSYlah (NW) yang benar, sedangkan Alkitab lain sudah dipalsukan;

2. Yehuwa, Allah satu-satunya yang benar: Hanya Yehuwa Allah yang mahakuasa, penguasa dunia ini;

3. Yesus Kristus, Putra Allah yang diciptakan: Yesus bukan Allah dan diciptakan lebih rendah dari Allah;

4. Roh Kudus adalah Tenaga Aktip Allah: Roh Kudus hanya tenaga aktif yang keluar dari Allah;

5. Tritunggal adalah ajaran kafir: Ajaran Tritunggal yang menjadikan Yesus setara dengan Bapa adalah ciptaan gereja;

6. Iblis adalah penguasa dunia ini yang akan dibinasakan: Iblis adalah Lucifer yang kelak dalam perang Armagedon akan dikalahkan;

7. Manusia tidak mati hanya tertidur, dan keselamatan hanya bagi pengikut Yehuwa: Pada akhir hidup manusia, rohnya tertidur dan saat kebangkitan akan masuk ke dalam 144 ribu orang pilihan, yang bukan SSY akan dimusnahkan;

8. Akhir Zaman terjadi pada tahun 1914: Pada akhir zaman Yesus akan datang kebumi untuk menjadi raja dan hakim. Tahun ini pernah diramalkan pada tahun 1915, 1918, 1925, 1975, dan karena tetap belum tergenapi kembali ke tahun 1914;

9. Pada akhir zaman, pemerintah dunia akan dimusnakan dan digantikan dengan pemerintahan Kristus: 144 ribu SSY akan menjadi rekan sekerja Yesus memerintah dan sisanya akan tinggal di bumi;

10. Saksi-Saksi Yehuwa hidup dalam moralitas yang baik: SSY meng’klaim’ bahwa kehidupan mereka penuh kebaikan, damai dan kasih dan tidak ada cacat cela.

Dalam konteks Indonesia yang memasuki alam reformasi dan keterbukaan dan dengan adanya kemajuan media internet, maka interaksi dengan Saksi-Saksi Yehuwa tidak lagi terhindarkan. Pelarangan secara resmi tidak menjamin hilangnya para penganut SSY dan usaha mereka dalam menyiarkan agama itu apalagi setelah sekarang diizinkan kembali beroperasi secara resmi. Karena itu, yang diperlukan bagi umat Kristen adalah kesiapan mereka dalam bersenjatakan senjata-senjata rohani dan mengetahui bagaimana cara-cara para SSY dalam mendekati seseorang.

SSY menjalankan 7 (tujuh) langkah indoktrinasi sampai seseorang menjadi SSY:

1. Masa Perkenalan: SSY mengajak orang berdiskusi di jalan atau dikunjungi di rumah, dan menawarkan bacaan ‘Menara Pengawal’ dan ‘Sedarlah;’

2. Kunjungan kedua kali: Bila seseorang tertarik, ia akan dikunjungi dirumah untuk melanjutkan diskusi;

3. Menawarkan penyelidikan Alkitab gratis: Bila seseorang tertarik lebih lanjut, ia akan ditawari penyelidikan Alkitab gratis dirumahnya;

4. Mengajak pemahaman Alkitab sewilayah: Untuk meningkatkan pemahaman, juga diajak ke dalam persekutuan penyelidikan Alkitab sewilayah;

5. Persekutuan di Balai Kerajaan: Kalau sudah kelihatan kesetiaan seseorang, ia akan diajak dalam pertemuan di Balai Kerajaan;

6. Diutus untuk Bersaksi: Bila makin jelas kesetiaannya, ia diutus untuk melakukan dinas penyiaran agama didampingi seorang yang lebih senior;

7. Dibaptis ke dalam kerajaan theokratis: Baru pada langkah ketujuh mereka yang teruji kesetiaannya dan berhasil dalam penyiaran, dibaptis masuk dalam kerajaan theokratis.

Biasanya gereja-gereja dalam menghadapi SSY lebih berkonsentrasi dalam hal ‘bagaimana menghadapi mereka,’ tetapi melihat cara-cara indoktrinasi mereka yang intensif, seharusnya gereja-gereja berkonsentrasi dalam ‘membekali jemaat dengan pengertian Alkitabiah yang benar dan cukup.’ Jemaat yang beriman dewasa dan mengerti akan ajaran imannya akan tidak mudah diombang-ambingkan segala pengajaran yang ingin mengganggu iman mereka. Kerajinan SSY dalam mengembangkan literatur perlu menggerakkan umat Kristen untuk memperhatikan literatur sebagai alat pembinaan iman, demikian pertemuan-pertemuan rutin lima kali dalam seminggu yang dilakukan SSY perlu menjadi cermin gereja-gereja yang cenderung merasa cukup melahirkan orang-orang kristen minggu saja.

Salam kasih dari Redaksi www.yabina.org

31 komentar:

  1. Saksiyehuwa.blogspot.com

    semoga membantu. Thx. Gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar aja kita lihat di akhirat siapa yang benar dan bersinar. Terimakasih
      menang BERSAMA
      Hidup Adalah Perjuangan

      Hapus
  2. @Saksi Yehuwa, terimakasih atas cross link blog anda. Kiranya Kebenaran2 dalam Blog ini yg mengekspos Kesesatan Saksi Yehuwa dapat memberikan Pencerahan kepada anda dan pengikut anda. Tuhan Yesus Memberkati.

    Roma 9:5 Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia (YESUS KRISTUS) adalah Allah (THEOS) yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

    BalasHapus
  3. Terjemahan yg benar untuk Roma 9:5. "yang memiliki bapak-bapak leluhur dan yang menurunkan KRISTUS sebagai manusia: Allah, yang ada di atas segalanya, diagungkanlah untuk selama-lamanya. Amin". ( bandingkan dng terjemahan : Revised Standard Version, Edisi Kedua (1971), The New English Bible (1970), Good News Bible—Today’s English Version (1976), The New American Bible, Edisi Saint Joseph (1970), A New Translation of the Bible (1934), James Moffatt.)

    BalasHapus
  4. saya akui ini penjelasan yg luar biasa!!!, namun saya sbg saksi Yehuwa mengatakan penjelasan yg anda jabarkan panjang lebar itu tidak sepenuhnya BENAR. malah banyak komentar yg anda poskan disini bnyak di tambahkan unsur negatif sehingga dapat mencapai tujuan anda yaitu mendiskreditkan saksi-saksi Yehuwa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Brur Yohanes, dulu sebelum saya mengenal Siapa Saksi -Saksi Yehuwa, saya berfikir mereka Ajaran sesat.Setelah saya pelajari dengan dari hari kehari..ternyata anggapan banyak orang bahwa saksi Yehuwa adalah ajaran sesat sangat sangat salah. Saya berani mengatakan..Andai saja semua orang di jagat ini Belajar Alkitab dengan Saksi - Saksi Yehuwa dan mempraktekkan nya Tidak akan ada lagi kebencian dan perang.

      Hapus
    2. Betul sekali. Brur Yohanes, dulu sebelum saya mengenal Siapa Saksi -Saksi Yehuwa, saya berfikir mereka Ajaran sesat.Setelah saya pelajari dengan dari hari kehari..ternyata anggapan banyak orang bahwa saksi Yehuwa adalah ajaran sesat sangat sangat salah. Saya berani mengatakan..Andai saja semua orang di jagat ini Belajar Alkitab dengan Saksi - Saksi Yehuwa dan mempraktekkan nya Tidak akan ada lagi kebencian dan perang.

      Hapus
  5. FUCK, Semua orang yg mengikuti ajaran2 saksi yehuwa adalah orang2 bodoh + IDIOT, mau aja diboongin, dah gitu mo aja dibegoin, saksi yehuwa adalah merupakan ajaran2 sesat, FUCK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini orang kerasukan setan apa sih?
      oo... rupanya Agamamu yang ngajarin kau kekgitu ngomong? ini sebenarnya sih... Penghinaan yah...?!

      Hapus
    2. Cirikas orang bodo mendengar berita baru langsung percaya tanpa menyelidiki kebenarannya. Jika banyak orang bilang Saksi-Saksi Yehuwa Agama sesat, maka orang bodoh langsung ikut berpikir bahwa ajaran itu benar-benar sesat,tanpa mau menyelidiki kebenarannya. Dan yang saya amati di mulut anggota Saksi-Saksi Yehuwa tidak satupun yang mau berkata kasar atau menghujat.Walaupun mereka selalu di negatifpin dan di cela mereka selalu mengalah dan bersikap lemah lembut.

      Hapus
    3. Yg masuk surga cuma 144 ribu aja. Wkwkwkwkwk, udh kayak mau nonton konser aja ya ada batasannya. Bertobatlah kalian wahai SSY.

      Hapus
    4. Yg masuk surga itu 144ribu adalah murid-murid yesus yg terpilih, coba lah di pahami alkitab lbh mendlm sblm comment

      Hapus
  6. Dengan rendah hati orang bisa memahami kebenaran. Yesus sendiri dulu dibenci, dimaki, diejek, dihina, dihujat.
    Yesus memberi nasehat kpd murid2nya bahwa nantinya murid2 juga dihina, di-olok2, dibenci dll. Itu tandanya murid Yesus yang benar. Kalo orang2 mengaku murid2 Yesus tapi membenci, menghina dll, itu tandanya murid Yesus palsu.
    Yoh 13:35 ciri murid Yesus adalah "bisa mempraktekan saling mengasihi". Gereja mana yang betul2 bisa mempraktekan KASIH?
    Apakan anggota gereja sdr betul2 bisa mempraktekan kasih akan sesama?
    Kalo suatu saat Yesus datang ke bumi melihat langsung kondisi gereja sdr, apa yang sdr laporkan kpd Yesus?
    Yesus bertanya pada sdr:
    1. Apakah gereja sdr mempraktekan kasih? Atau gereja sdr terlibat dlm peperangan?
    2. Apakah sdr sudah ikut memberitakan injil kerajaan kdp orang lain? (Mat. 24:14, Mat 28:18,19)
    3. Apakah sdr sudah memuliakan nama Allah Bapa? (Mat 6:9)
    4. Apakah sdr sdh mengenal Allah yang benar (yg bernama YEHUWA) dan mengenal Yesus yg diutus oleh Allah? (Yoh 17:3)
    Kalo sdr nggak bisa menjawab dng benar berarti nilai sdr NOL BESAR.
    Yesus tidak butuh omongan sombong, tapi butuh bukti dari murid2nya yg bisa mempraktekan pertanyaan2 diatas.

    Lalu Yesus ganti cari gereja yg lain. Ketemu dengan sekelompok Saksi-Saksi Yehuwa (SSY).
    Empat pertanyaan diatas diajukan.
    1. SSY bisa mempraktekan kasih diseluruh Dunia, tidak ada yang ikut berperang, anggotanya tidak ada yg menjadi militer. SSY cinta damai. Lebih memilih dipenjara drpd ikut wajib militer. (Spt di Korea)
    Semua dijawab dgn BETUL oleh kelompok Saksi-Saksi Yehuwa.
    2. SSY aktip mengabar memberitakan Injil Kerajaan kemana saja karena itu printah Yesus.
    3. SSY selalu memuliakan nama Allah (YEHUWA), membela dan memasyurkan di-mana2
    4. SSY sangat mengenal siapa Allah yang benar dan siapa Yesus Kristus. Dua pribadi yang berbeda. Allah pihak yg mengutus, dan Yesus pihak yg diutus.
    Terima kasih utk FUCK yg sdh menhujat Allah Yehuwa.
    Semoga Allah Yehuwa merubah pikiran dan hati sdr.
    SSY sdh kenyang dihujat dan dimaki. Spt Yesus dulu.
    SSY tetap berbahagia. (Mat 5:9-11)

    Balas.



    BalasHapus
    Balasan
    1. wow... ini pernyataan luar biasa. menyentuh hati... :)

      Hapus
    2. Saya dulu membenci Saksi Yehuwa. Setelah saya pelajari dengan rendah hati dan seksama ..ternyata saya menyukai Saksi - Saksi Yehuwa. Yang saya kagumi cara anggota Saksi Saksi Yehuwa mempraktekkan kasih. Seluruh dunia Kompak. Saling mengasihi. Ketika saya di kerja Di Amerika dan saya menemui banyak kesulitan, hanya saksi Saksi Yehuwalah yg rela menolong saya dari banyak hal tanpa meminta bayaran. Iklas menolong saya tanpa pamrih. Walaupun saat itu saya banyak ditolong, saya tetap tidak tertarik dengan saksi -Saksi Yehuwa. Tetapi ketika saya merasakan tingkah laku sahabat dan teman-teman saya yg bukan saksi Yehuwa dalam bersahabat tidak Tulus saya mulai memikirkan tingkah laku Saksi-Saksi Yehuwa yg tulus dan tanpa pamrih. Maka saya tertarik ingin tahu banyak tentang saksi -Saksi Yehuwa. Akhirnya saya tahu bahwa pikiran negative saya salah besar. Saya sangat bahagia menjadi saksi - saksi Yehuwa terbabtist pada Oktober 2017.

      Hapus
    3. Agama dan kitab suci itu bukan buatan manusia.organisaai yg comot Al-Qur'an dan Injil untuk mendirikan ajaran baru....jelas jelas SSY menggabungkan Islam dan Kristen plus lebih logika kaum Yahudi

      Hapus
  7. @SSY
    BANDINGKAN
    PL : Yang turun ke Dunia pada hari kiamat adalah Allah (YHWH) langsung.
    PB: Yesus mengclaim dirinya yg akan turun kedunia di hari kiamat langsung

    PL : Nama YHWH nama tertinggi dari segala nama layak disembah,
    PB : Nama Yesus diatas segala nama,

    PL: YHWH adalah gembala,
    PB : Yesus berkata, Akulah gembala yg baik,

    Masih banyak lagi,,..

    Kesimpulan,
    Yesus adalah Allah (Yhwh)

    SSY bertobatlah,
    Tuhan Yesus mengasihi mu

    BalasHapus
  8. Saya tidak begitu peduli dengan doktrin atau ajaran. Yang terpenting, ialah melakukan tindakan yang mengarah pada keselamatan. Golden Rule (hukum emas): berlakulah sebagaimana diri sendiri hendak diperlakukan. Prinsip yang sangat penting ialah Tuhan menciptakan kita dan Dia menantikan kita kelak. Apa yang kita perbuat di dunia, itulah yang sangat mempengaruhi keadaan kita kelak di akhirat. Apa yang kita lakukan terhadap sesama, itulah yang kita perbuat terhadap Tuhan. Dan, tak perlu sebenarnya memisahkan mana tindakan untuk TUhan dan mana tindakan untuk sesama . . . .. .

    BalasHapus
  9. Aku percaya pada satu Allah Sang Bapa Yang Maha Kuasa, Pencipta langit dan bumi, dan segala sesuatu yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan.
    Dan pada Satu Tuhan, Yesus Kristus, Anak Tunggal Allah, diperanakkan dari Sang Bapa sebelum segala zaman. Terang yang keluar dari Terang, Allah sejati yang keluar dari Allah sejati, yang diperanakkan, dan bukan dibuat, dari satu hakikat dengan Sang Bapa, yang melalui-Nya segala sesuatu diciptakan.
    Yang untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita, turun dari sorga, dan menjelma oleh Roh Kudus dan dari Perawan Maria, dan menjadi Manusia.
    Telah disalibkan bagi kita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, Dia menderita sengsara dan dikuburkan dan telah dibangkitkan pada hari ketiga sesuai dengan Kitab suci. Dan telah naik ke surga, dan duduk di sebelah kanan Sang Bapa.
    Dan Dia akan datang lagi dalam kemuliaan untuk menghakimi orang yang hidup dan maupun yang mati, Yang kerajaan-Nya tidak akan ada akhirnya.
    Dan aku percaya pada Roh Kudus, Tuhan, Sang Pemberi hidup, Yang keluar dari Sang Bapa, yang bersama-sama dengan Sang Bapa dan Sang Anak disembah dan dimuliakan, yang berbicara melalui para nabi.
    Aku percaya pada Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik.
    Aku mengakui satu baptisan untuk pengampunan dosa-dosa.
    Aku menantikan kebangkitan orang mati. Dan kehidupan zaman yang akan datang.


    Saudara-saudara ssy kembalilah kepada ajaran Kristus yang sejati, ucapkanlah pengakuan iman ini dari lubuk hati yang terdalam dan percayalah kepada Kristus sebagai sang Juruselamat dan putera tunggal Allah. Christos Anesti!

    BalasHapus
  10. Aku adalah jalan kebenaran dan hidup

    BalasHapus
  11. Saya sebagai orang yang punya keluarga penganut SSY, adik saya dan ibu saya penganut agama tersebut, bagaimana saya bisa membebaskan mereka? kata2 sudah tidak bisa lagi di dengarkan oleh mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu caranya adalah BERDOA, BERPUASA... terus terus menerus....

      Hapus
    2. Menurut ku satu satu carzbyang paling baik...seperti apa ajaran mereka.Dengan cara mempelajari ajarannya. Klau memang ajaran mereka salah dan tidak maduk akal baru anda menolaknya. Gampang kan....jangan membenci sebelum Anda memahami dan mengenalinya....trimakadih.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Yang paling baik sebelum berupaya membebaskan,cobalah pelajari Ajaran Ibu dan Adik saudara, mengapa mereka beda dari Anda, Anda yang benar atau Ibu dan Adik Anda yang salah. Agar Anda dapat menentukan..siapa yang benar dan siapa yang salah dalam menentukan pilihan jalan hidup, kalau memang benar - benar ajaran mereka gak baik dan tidak masuk akal..baru Anda boleh memikirkan cara membebaskan mereka. Coba Anda pikirkan Duaayat ini....Kisah 17:10-11.

      Hapus
  12. makanya kalo jadi kristen jangan asal ikut2 wae toh, ya diperdalam cari tahu tritunggal itu apa, firman itu apa, Allah yang esa apa, asal mula alkitab dari mana sampe jd alkitab LAI, kenapa didalamnya nama yehuwa diganti jd Allah alasanya apa jd pada saat adu argumentasi tidak mudah dipatahkan oleh nabi palsu dan yg lebih penting lagi untuk ssy klo udh dibaptis cari tahu pendiri jehovah witnesses itu siapa, ajaran menara pengawal dulu kaya gimana jaman C.T russel, kenapa mudah sekali berubah ajarannya, kenapa C.T russel berani bernubuat tentang kedatangan yesus thn 1874, kemudian diganti oleh penerusnya jd thn 1914 dan diganti lg tahun 1975, dan terus kenapa ada beth sarim, itu untuk siapa, dan nubuat tentang kebangkitan nabi2 perjanjian lama thn 1925 yg nyatanya ga da yang mau bangkit itu kenapa, hal2 semacam itu perlu dipertanyakan walaupun remeh tp itu adalah dasar iman kita. kita mempercayai sesuatu karena ada alasannya. saya kira itu... GBU all

    BalasHapus
  13. Sila 1 pancasila ketuhanan yg maha esa bkan yg esa.

    BalasHapus
  14. Yg masuk surga cuma 144 ribu aja. Wkwkwkwk, berarti surga SSY cuma besar dikit aja dr stadion gelora bung karno. Wkwkwkwk, kasihan ya. Bertobatlah kalian SSY.

    BalasHapus
  15. Bapa kami yang di surga di kuduskan lah nama mu.datanglah krajaan mu jadi lah ke hendak mu di bumi seperti di surga.setau saya TUHAN itu tidak perlu saksi karna DIA yang kuasa diatas sgalanya......yang ke surga hanya 144 rb aja.....masuk akal nga.....?????apa pasti 144rb aja yang kesurga.nga bisa kasi diskon lagi tu.jangan paksakan/ceramahi orang ke agamamu tapi.karna sudah tertulis tidak dampai kepaNYA kalau tidak melalui-AKU.......

    BalasHapus
  16. saya mengakui ssy sangat baik dalam siaran agamanya,tapi saya tetap tidak tertarik ,karena yg di beritakan beda dgn alkitab.FIRMAN=suatu allah.Yesus=malaikat mikael,aneh bin ajaib.iblis sedang menyamar .YESUS ADALAH TUHAN DAN JURUSELAMAT.FIRMAN MENJADI MANUSIA.DAN FIRMAN ADALAH ALLAH SENDIRI.

    BalasHapus
  17. Tetap bertahan sebagai pengikut Kristus,, lakukan firman Allah karena itu yg berkenan kepadaNya, Pandang terus kepada Yesus,,

    BalasHapus