Rabu, 29 September 2010

Apakah Kolose 1:15 dan Wahyu 3:14 Mengajarkan Bahwa Yesus adalah Ciptaan?

"Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain" (2 Petrus 3:15-16).

Memutarbalikkan Firman Tuhan adalah salah satu keahlian Iblis dan sekaligus senjata pamungkasnya. Ia telah memutarbalikkan Firman Tuhan sejak di taman Eden terhadap orang tua pertama kita, Adam dan Hawa. Terhadap Hawa, Iblis dengan licik memutarbalikkan dan menyangkal Firman Tuhan. Ia sukses membuat Hawa tertipu, sehingga senjata ini ia pergunakan terus sepanjang zaman. Bahkan, terhadap Adam kedua, yaitu Yesus Kristus, datang ke dunia ini, Iblis juga berusaha untuk memutarbalikkan Firman Tuhan terhadapNya. Ketika mencobai Tuhan Yesus, Iblis memakai Alkitab juga. Tetapi tentu Iblis tidak dapat menipu sang Firman itu sendiri! Tuhan kita menunjukkan bahwa cara paling ampuh untuk melawan pemutarbalikkan Firman Tuhan adalah dengan menerapkan dan mengerti Firman Tuhan itu secara benar.
Kalah melawan Tuhan Yesus tidak membuat Iblis berhenti. Petrus memperingatkan bahwa penyesat-penyesat senantiasa menggunakan Firman Tuhan untuk kepentingan mereka dan dengan penafsiran yang tidak benar. Hasil akhirnya adalah "kebinasaan," baik bagi para penyesat itu maupun bagi orang-orang yang disesatkan oleh mereka.


Tidak ada topik lain yang mengilustrasikan hal ini dengan lebih jelas lagi daripada topik keilahian Yesus Kristus. Sejak Arian di abad keempat hingga bidat Unitarian dan Saksi Yehovah hari ini, orang-orang yang tidak mau mengakui keilahian Yesus telah mencari-cari ayat Firman Tuhan yang dapat mereka putarbalikkan untuk mendukung doktrin mereka. Artikel ini akan membahas dua ayat yang sering mereka pakai, yaitu Kolose 1:15 dan Wahyu 3:14. Untuk mendapatkan gambaran yang komplit, pembaca juga dianjurkan untuk membaca artikel lain (http://www.graphe-ministry.org/downloads/Saksi_Yehovah_Politeisme_Terselubung.pdf) yang membahas kesaksian Alkitab secara keseluruhan terhadap keilahian Yesus Kristus.

I. Kolose 1:15
"Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu" (Kolose 1:12-18).
Para penyesat sering mempergunakan Kolose 1:15 untuk berargumen bahwa Yesus bukanlah Allah, melainkan adalah salah satu ciptaan. Mereka memakai frase "yang sulung" untuk mengatakan bahwa Kristus adalah makhluk ciptaan yang pertama. Dalam KJV, ayat ini berbunyi: "Who is the image of the invisible God, the firstborn of every creature." Tetapi itu adalah pemutarbalikkan arti sesungguhnya dari ayat ini.


A. Konteks Ayat Ini Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Biasanya, ketika seorang Unitarian atau seorang Saksi Yehovah memakai ayat ini untuk mendukung doktrinnya bahwa Yesus adalah ciptaan, ia tidak akan mengajak untuk membaca ayat-ayat sesudah ayat 15. Padahal, salah satu hal yang paling penting dalam penafsiran Alkitab adalah memperhatikan konteks. Kalau seseorang tidak memperhatikan konteks, ia bisa menciptakan doktrin apa saja dari dalam Alkitab. Ia bisa mengatakan bahwa manusia tidak akan mati (Kej. 3:4), bahwa orang percaya harus membenci keluarganya (Lukas 14:26), atau bahwa orang Kristen tidak boleh menguburkan orang tuanya (Mat. 8:21-22). Konteks sangatlah penting! Tanpa melihat konteks, penafsir tidak dapat mengetahui apa poin inti yang dibicarakan oleh penulis Alkitab, dan dengan mencomot ayat justru akan menghasilkan penafsiran yang memutarbalikkan maksud sebenarnya.
Jadi, bagaimanakah dengan Kolose 1:15? Apakah yang dikatakan oleh konteks ayat ini? Apakah jika seseorang membaca ayat 17-18, ia mendapat pengajaran bahwa Yesus adalah ciptaan? Sama sekali tidak! Justru sebaliknya, ayat-ayat ini meninggikan Yesus sebagai Pencipta! Alkitab memakai tiga istilah yang sangat kuat: bahwa segala sesuatu diciptakan "di dalam Dia," "oleh Dia," dan "untuk Dia." Terkandung di dalam "segala sesuatu" ini adalah segala yang di sorga dan di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. Ayat Alkitab sengaja memberikan penekanan bahwa tidak ada sesuatu apapun yang tidak diciptakan oleh Yesus, untuk Yesus, dan di dalam Yesus.

Saksi Yehovah mengatakan bahwa Bapa menciptakan Yesus, lalu Yesus menciptakan semua yang lain. Tetapi Kolose 1:15-18 sama sekali tidak mengajarkan hal tersebut. Tidak ada satu patah kata pun mengenai Yesus diciptakan. Yesus diumumkan sebagai "Pencipta segala sesuatu." Kalau Yesus adalah ciptaan, maka pernyataan itu tidak benar dan Ia bukanlah Pencipta semua ciptaan, karena Ia jelas tidak menciptakan diriNya sendiri.
Saksi Yehovah mengatakan bahwa Bapa menciptakan Yesus, lalu menciptakan semua yang lain melalui Yesus Kristus. Tetapi ini bertentangan dengan pernyataan Yehovah sendiri: "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi siapakah yang mendampingi Aku?" (Yes. 44:24). Yehovah berkata bahwa Ia seorang diri membentangkan langit. Kalau Yesus adalah ciptaan Bapa, dan Bapa menciptakan langit melalui Yesus, maka pernyataan dalam Yesaya ini menjadi salah, karena berarti Bapa ditemani Yesus (yang adalah ciptaan). Tetapi ayat ini cocok dengan pengajaran Alkitab bahwa Yehovah mengacu kepada Allah Tritunggal. Bapa, Putra, dan Roh Kudus, adalah tiga pribadi yang esa, yang menciptakan segala sesuatu. Jadi, jelas bahwa sekte "Saksi Yehovah" bukanlah saksi dari Yehovah yang sesungguhnya, karena melawan kata-kataYehovah sendiri.

B. Kata "Sulung" Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Kesalahan yang mendasar dari penafsiran Arian terhadap Kolose 1:15, selain tidak memperhatikan konteks, adalah memaksakan arti yang sempit kepada kata "sulung." Dalam bahasa aslinya, "sulung" berasal dari kata prototokos (Yunani). Arian dan keturunan rohaninya menafsirkan bahwa Yesus disebut "sulung" karena Ia adalah ciptaan yang pertama.
Memang kata prototokos bisa dipakai dalam pengertian "yang pertama" dalam arti "lahir pertama." Tetapi seperti yang telah dibahas di atas, hal itu bertentangan sekali dengan konteks perikop ini. Yang sering diabaikan oleh para penyesat adalah bahwa kata prototokos dapat memiliki banyak pengertian yang lain.
Dalam Perjanjian Lama, konsep prototokos sama dengan konsep "hak kesulungan," yaitu hak yang membuat seorang anak prominen dan utama dibandingkan saudara-saudaranya. Dan "hak kesulungan" ini tidak harus jatuh kepada anak pertama. Jika ada alasan yang tepat, seorang ayah dapat memberikan hak kesulungan kepada anak yang lain (misal Yakub memberikannya kepada Yusuf, bukan Ruben. Abraham memberikannya kepada Ishak, bukan Ismael). Mereka yang menerima "hak kesulungan," mendapatkan warisan dua kali lebih banyak dibandingkan anak-anak yang lain. Jadi, konsep "sulung" dalam Perjanjian Lama lebih menekankan kepada keutamaan dan hak-hak khusus, dan tidak harus pada siapa yang lahir terlebih dahulu.


Demikian juga, dalam Perjanjian Baru, prototokos memiliki pengertian lebih dari sekedar "lahir pertama." Oleh karena itulah Lembaga Alkitab Indonesia menerjemahkan frase itu menjadi "yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan." Agar tidak ada keragu-raguan, Paulus memberitahu orang-orang Kolose, mengapa Yesus disebut sulung: "karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu." Paulus tidak berkata bahwa Yesus adalah sulung karena Ia yang pertama diciptakan. Sebaliknya, Yesus adalah prototokos karena Ia adalah pencipta segala sesuatu! Jelas bahwa kata prototokos dalam ayat ini tidak mengindikasikan bahwa Yesus adalah ciptaan pertama, melainkan adalah pribadi yang paling utama dalam alam semesta ini (Kol. 1:18).
Perikop ini secara keseluruhan sangat meninggikan Yesus, menyebutNya sebagai "gambar Allah yang tidak kelihatan," "ada terlebih dahulu dari segala sesuatu," dan menegaskan bahwa " segala sesuatu ada di dalam Dia." Tidak ada satu titik pun ide bahwa Yesus adalah ciptaan dalam ayat-ayat ini, dan mereka yang mengajarkan konsep demikian telah memutarbalikkan kebenaran.

C. Alkitab Secara Keseluruhan Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Selain memperhatikan konteks perikop, salah satu prinsip penafsiran lainnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan konteks Alkitab secara keseluruhan. Walaupun ada banyak kitab dan penulis manusia, tetapi Alkitab pada akhirnya adalah satu kesatuan, yaitu Firman Tuhan. Oleh karena itu, tidak mungkin ada pertentangan yang riil antara semua bagian Alkitab.
Kesaksian Alkitab tentang keilahian Yesus Kristus sangatlah kuat. Ada artikel lain yang sudah membahas hal ini dengan lebih komplit, artikel ini tidak akan mengulang semuanya. Kalau Yesus Kristus memang adalah ciptaan Bapa, maka ada banyak kesempatan bagi para penulis Alkitab untuk menyatakannya dengan tegas. Tetapi hal yang sebaliknya terjadi: para penulis Alkitab dengan konsisten dan satu hati menyatakan Yesus sebagai Allah yang tidak diciptakan, yang satu essensi dengan Bapa.

Perhatikan, misalnya, Yohanes 1:1. "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." Ayat ini mengajak pembaca untuk kembali ke "pada mulanya," dalam format yang mirip dengan Kejadian 1:1, "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi." Dan apakah yang pembaca Alkitab dapati pada mulanya? Ternyata pada mulanya "adalah Firman." Firman ini adalah Yesus Kristus, dan Ia sudah ada sejak awal. Ayat ini menegaskan bahwa Yesus tidak diciptakan, tetapi sudah ada sejak mulanya bersama dengan Bapa.

II. Wahyu 3:14
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah" (Wahyu 3:14).
Ayat lain yang sering diputarbalikkan oleh Arian dan para pengikutnya adalah Wahyu 3:14. Melalui frase "permulaan dari ciptaan Allah," mereka memutarbalikkan kebenaran tentang pribadi Yesus Kristus, mengajarkan bahwa Yesus adalah ciptaan pertama, dan dengan demikian menuai kebinasaan sebagaimana Petrus peringatkan. Artikel ini akan membahas pengertian yang sebenarnya dari ayat ini.

A. Konteks Kitab Wahyu Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Sungguh ironis bahwa Saksi Yehovah atau orang-orang Unitarian memakai suatu ayat dalam kitab Wahyu untuk mengajarkan bahwa Yesus adalah ciptaan. Sebab kitab Wahyu adalah salah satu kitab yang paling banyak berisikan bukti keilahian Yesus Kristus. Di dalam kitab Wahyu-lah Yesus menyingkapkan diri sebagai Tuhan yang mulia yang akan menghakimi semua manusia. Anak domba dalam Wahyu datang dalam kapasitas yang berbeda dengan Anak domba dalam Injil. Bahkan kata Yunani yang dipakai pun berbeda. Dalam Wahyu, Yesus disebut sebagai arnion (anak domba) sedangkan dalam Injil, Ia adalah amnos (anak domba). Dalam Injil, Ia telah datang untuk menjadi hamba dan mati bagi manusia. Dalam Wahyu, Ia akan datang untuk menghakimi dan menghukum.
Seperti sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, sungguh berbahaya untuk mencomot suatu ayat dan menarik kesimpulan tanpa memperhatikan konteks. Wahyu 3:14 adalah bagian dari pesan Yesus kepada ketujuh jemaat di Asia kecil. Kepada setiap jemaat, Yesus memiliki pesan khusus, dan pesan itu selalu disertai dengan penyingkapan diriNya. Jadi, pesan kepada setiap jemaat selalu disertai dengan suatu deskripsi tentang Yesus. Wahyu 3:14 adalah bagian dari pesan yang terakhir, yaitu kepada jemaat Laodikia. Di sana Yesus memperkenalkan diri sebagai "permulaan ciptaan Allah." Apakah ini berarti Ia adalah ciptaan yang pertama? Coba kita lihat konteksnya, yaitu bagaimana Yesus menggambarkan diriNya kepada enam jemaat yang lain. Rupanya ada beberapa yang berkaitan dengan keilahianNya.
Kepada jemaat di Smirna, Yesus adalah "Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali" (Wah. 2:1). Istilah "yang awal dan yang akhir" sangat menarik, karena muncul banyak kali dalam Wahyu. Dalam Wahyu 1:8, Yesus adalah "Alfa dan Omega …. yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang..." Dalam Wahyu 1:11, Yesus sekali lagi disebut sebagai "Alfa dan Omega, yang awal dan yang akhir" (tidak muncul dalam Alkitab Indonesia, tetapi ada dalam bahasa asli). Dalam Wahyu 1:17, Yesus disebut "Yang Awal dan Yang Akhir." Seolah-olah belum cukup untuk memulai kitab Wahyu dengan kata-kata itu (Tuhan Yesus tahu bahwa akan ada banyak yang meragukan keilahianNya), Tuhan kita menutup kitab Wahyu dengan deklarasi yang sama: "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir" (Wah. 22:13).
Perlu ditegaskan, bahwa tidak mungkin bagi seorang ciptaan untuk mengambil gelar "Yang Awal dan Yang Akhir," atau "Yang Pertama dan Yang Terkemudian," "Alfa dan Omega." Itu adalah penghujatan, karena ciptaan tidak mungkin mendahului pencipta dan tidak mungkin bertahan lebih lama daripada Penciptanya. Bahwa Yesus adalah Pencipta, bukan ciptaan, semakin jelas lagi terlihat karena ternyata gelar yang sama dipakai oleh Yehovah sendiri! "Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku" (Yes. 44:6).
Bagi Saksi Yehovah (nama yang sungguh salah) yang mengajarkan bahwa Bapa menciptakan Anak, harmonisasi kedua fakta ini menjadi sesuatu yang tidak mungkin. Apakah Bapa yang terdahulu? Ataukah Anak yang terdahulu? Dan kalau Bapa menciptakan Anak, bagaimana boleh ciptaan memiliki gelar yang sama dengan Pencipta, dan menyatakan diri sebagai "Yang Awal dan Yang Akhir"? Ketika pengajaran anda membuat Alkitab menjadi bertentangan, itu adalah tanda yang pasti bahwa penafsiran anda salah! Yang perlu dilakukan adalah dengan rendah hati mengaku salah, dan mengubah penafsiran agar cocok dengan semua fakta Alkitab, bukan bersikukuh pada doktrin yang salah. Konsep Tritunggal, yang melihat Anak, Bapa, dan Roh Kudus, sebagai tiga pribadi yang esa, tidak berkesulitan dengan ayat-ayat ini. Baik Bapa dan Anak, sama-sama eksis sejak kekekalan, dan sama-sama adalah "Yang Awal dan Yang Akhir."
Lebih lanjut lagi, kepada jemaat di Tiatira, Yesus menyatakan diri sebagai "Anak Allah" (Wah. 2:18). Para pengikut Arian akan memberitahu semua orang bahwa "Anak Allah" tidaklah sama dengan "Allah." Tetapi itu adalah perspektif Yunani dan politeis, yang menggambarkan allah seperti manusia yang bisa beranak cucu, dan yang bahkan kawin mengawin, berselingkuh, dan menghasilkan keturunan yang setengah dewa. Pembaca harus sadar bahwa mayoritas Perjanjian Baru ditulis oleh orang-orang Yahudi, yang sama sekali tidak memiliki rangka pikir politeisme seperti itu. Yesus Kristus sendiri berasal dari suku Yehuda, dan juga berbicara dalam konteks monoteisme. Sebagai seorang Yahudi, Yesus tahu persis apa yang Ia maksudkan ketika Ia memperkenalkan diri sebagai "Anak Allah." Rasul Yohanes yang menulis kitab Wahyu, memberitahu kepada kita apa signifikansi dari istilah tersebut: "Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah" (Yoh. 5:18). Jadi, jika Yesus memperkenalkan diriNya kepada Tiatira sebagai "Anak Allah," yang adalah setara dengan Allah, tidak mungkin Ia adalah ciptaan.
Kepada jemaat Filadelfia, Yesus Kristus memperkenalkan diri sebagai "Yang Kudus, Yang Benar..." (Wah. 3:7). Dua gelar ini terlihat sederhana, tetapi berbicara banyak. Dalam Perjanjian Lama, gelar kekudusan adalah gelar khas dari Allah Yehovah sendiri. "Yang Mahakudus Allah Israel" adalah gelar Tuhan yang menjadi favorit Yesaya, nabi yang pernah mendapat penglihatan takhta Allah, dengan serafim yang berbalas-balasan "kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam" (Yes. 6:3). Kata "yang kudus" di Wahyu 3:7 berasal dari kata ho hagios dalam bahasa Yunani. Kata yang sama dipakaikan kepada Allah dalam 1 Yohanes 2:20 "Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus..." Bahkan, dalam Wahyu 15:4, dinyatakan bahwa hanya Allah yang berhak disebut "kudus." Semua ini mengindikasikan bahwa Yesus adalah Allah. Jika tidak demikian, Ia tidak boleh mengambil gelar yang sama dengan Allah Yehovah. Hal yang sama dapat dikatakan mengenai gelar "yang benar."
Masih banyak lagi kesaksian dalam kitab Wahyu itu sendiri yang menguatkan keilahian Kristus. Misalnya, Yesus disebut sebagai "Yang Mahakuasa" dalam Wahyu 1:8. Ayat ini berbicara mengenai Yesus Kristus, karena konteks ayat tujuh tidak diragukan lagi mengacu kepada Yesus. Tentu hanya Allah yang mahakuasa. Jadi, penafsiran bahwa Yesus adalah ciptaan, sama sekali tidak cocok dengan pengajaran kitab Wahyu secara keseluruhan.
B. Kata "Permulaan" Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Setelah melihat bahwa konteks Wahyu secara keseluruhan mengukuhkan Yesus sebagai Allah pencipta, bukan ciptaan, kini saatnya untuk melihat apa sebenarnya yang diajarkan oleh Wahyu 3:14. Kepada jemaat Laodikia, Yesus memperkenalkan diri sebagai "Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah." Frase yang didiskusikan adalah "permulaan dari ciptaan Allah," atau arkhe tes ktiseos tou theou dalam bahasa Yunani. Ada dua hal yang perlu diselidiki, yaitu arti dari kata "permulaan," dan hubungan antara kata "permulaan" dengan "ciptaan Allah."
Kata arkhe yang diterjemahkan "permulaan" memiliki rentang arti. Kamus Yunani klasik Liddell dan Scott memberikan beberapa definisi berikut: "beginning, origin, first cause..." Memang arkhe bisa berarti "permulaan," tetapi bisa juga berarti "yang memulai." Yesus adalah "permulaan" ciptaan Allah dalam pengertian Dialah yang memulai ciptaan Allah tersebut, Dialah yang menciptakan segalanya, yang konsisten dengan bagian-bagian Alkitab lain (Kolose 1:15-18). Dengan cara yang sama kita dapat mengatakan bahwa "lampu listrik bermula dari Tomas Alfa Edison" atau "Edison adalah permulaan dari lampu listrik." Tentu tidak ada seorangpun yang akan menafsirkan bahwa Edison adalah lampu yang pertama. Dalam kalimat ini, konteks memberitahu kita bahwa Edison-lah yang menciptakan lampu pijar.
Demikian juga, hubungan antara kata arkhe dengan ktiseos (ciptaan) perlu diselidiki lebih lanjut. Dalam grammar Yunani, kata ktiseos berada dalam kasus genitif. Adalah tugas seorang ekseget untuk menentukan berdasarkan konteks, genitif jenis apa yang berlaku di sini. Para Arian melihat adanya genitif partitif di sini (permulaan yang sekaligus adalah bagian dari ciptaan). Tetapi grammar tidak mengharuskan pengertian yang demikian. Grammar Yunani memperbolehkan genitif produk (pemulaan yang menghasilkan ciptaan) atau genitif subordinasi (permulaan [yang berkuasa] atas ciptaan).1 Pembahasan poin yang satu ini memang agak teknis berhubungan dengan grammar Yunani, tetapi dapat dirangkum demikian: bahwa dalam grammar Yunani, frase "Yesus adalah permulaan dari ciptaan Allah" sebagaimana dalam Wahyu 3:14, tidak mengharuskan Yesus sebagai bagian dari ciptaan. Jika konteks Wahyu secara umum ikut dipertimbangkan, maka jelas bahwa ayat ini sama sekali tidak mengajarkan bahwa Yesus adalah ciptaan.


C. Alkitab Secara Keseluruhan Tidak Mengajarkan Bahwa Yesus Adalah Ciptaan
Poin ini sudah dibahas di bagian sebelumnya, dan tidak akan diulangi lagi. Hanya ada satu hal yang perlu diingatkan kepada pembaca sekalian. Ini bukanlah pembahasan akademis semata. Doktrin ini berkaitan dengan jiwa anda dan keselamatan anda. Alkitab mengajarkan bahwa "kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal" (1 Yoh. 5:13). Alkitab dengan tegas mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah Allah Pencipta langit dan bumi yang turun menjadi manusia. Anda tidak dapat "percaya Yesus" tanpa percaya siapa Dia sebenarnya. (Oleh Dr. Steven E. Liauw, Graphe International Theological Seminary)

1Bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai lika-liku grammar Yunani ini, silakan melihat Greek Grammar Beyond the Basics oleh Daniel B. Wallace.

33 komentar:

  1. saya tertarik untuk penjelasannya meski agak berat untuk dipahami tapi saya yakin akan tritunggal tsb

    BalasHapus
  2. Doktrin Tritunggal mudah dibuktikan,bahwa itu tidak benar
    Kolose 1: 15 Dan Wahyu 3 : 14 memang untuk membuktikan ciptaan Yesus.

    BalasHapus
  3. Apakah Doktrin Tritunggal diajarkan alkitab.
    Berabad-abad doktrin Titunggal merupakan topic yang tidak henti-hentinya diberdebatakn.Bahkan sampai sekarang masih terus diperdebatkan.

    Mungkin dengan penjelasan yang alkitab berikan ini,perdebatan akan dapat dihentikan.

    Semua orang kristen tahu,bahwa Yesus telah dibangkitkan oleh Yehuwa pada hari ketiga setelah kematianNya.

    Timbul pertanyaan : Selama tiga hari SEBELUM Yesus dibangkitkan,Ia berada dimana.
    Menurut 1 Petrus 3 : 18 Yesus telah dibangkitkan dari kematianNya menurut Roh dan BUKAN secara jasmani.

    Dimana Yesus selama tiga hari,sebelum Ia dibangkitkan?
    Yesus TIDAK ada dimana-mana.TIDAK bisa ada Yesus selama tiga hari sebelum Ia dibangkitkan,Bahkan diseluruh alam semesta TIDAK bisa diketemukan Yesus.

    Karena Yesus HANYA manusia saja dan bukan 100% Allah dan 100% manusia,maka ketika Ia mati dibunuh,maka Ia mengikuti apa yang berlaku kalau manusia mati,yaitu seperti apa yang dikatakan dalam Pengkhotbah 12 : 7: debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

    Roh disini roh apa yang dimaksudkan? Makhluk roh? Tidak mungkin,sebab kalau Yesus memiliki mahkluk roh,maka ketika Ia (page 1)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..
      Apa yg tidak mungkin dilakukan oleh Allah??
      klo ada pertnyaan ;
      "Timbul pertanyaan : Selama tiga hari SEBELUM Yesus dibangkitkan,Ia berada dimana.
      Menurut 1 Petrus 3 : 18 Yesus telah dibangkitkan dari kematianNya menurut Roh dan BUKAN secara jasmani."
      sblum djawab saya jg ada beberapa pertnyaan,
      1.Apa tugas Tuhan Yesus dtg kedunia??
      2.Apakah Tuhan Yesus tidak bisa membinasakan pada saat DIA dianiaya oleh prajurit Romawi pada saat itu juga??
      3.Dalam waktu 3 hari apa cukup utk menghilangkan jasad Tuhan Yesus sendiri??
      4.pertnyan terakhir , APA YG ALLAH(TRITUNGGAL) PERBUAT ADA BATASAN??APA YG TIDAK BISA DILAKUKAN ALLAH??

      sulit y memahami Kristen? Apakah mudah memahami ttg ALLAH?? klo ada yg bilang "mudah y memahami Allah" aku yakin itu ckup mnyesatkan. Karena Tuhan Yesus(Allah yg menyatakan diri) sendiri saja ditolak, bgmana kita bisa percaya dari Allah sendiri?
      smoga Tuhan memberkatimu..semoga dg Kasih Yesus ..

      Hapus
    2. Yesus berkuasa menyerahkan NyawanYa dan mengambilNya kembali.[Yohanes 10:18]. Siapaberhak dan mampu mengatakan ini?

      Hapus
    3. Yeus mampu menunjukkan bekas luka di kaki dan tangan dan rusuk setelah kebangkitan. Dipersilahkan Thomas merabanya. Yohanes 20:27-28. Akibatnya Thomas memanggil Tuhan dan Allah kepada Yesus.

      Hapus
  4. tentunya mahkluk roh Yesus sesaat kemudian kembali kepada Allah. Ini T I D A K mungkin,sebab kalau demikian,maka BARU satu hari mati Ia sudah bangkit, dan bukan TIGA hari kemudian.
    [ingat,bahwa Yesus dibangkitkan menurut Roh].
    mati,maka
    Jika demikian, roh Yesus yang kembali kepada Yehuwa adalah roh apa?
    Sewaktu manusia diciptakan, Allah Yehuwa menghembuskan nafas
    hidup ke dalam hidungnya....
    Yang kembali kepada Yehuwa adalah daya kehidupan [life force] Yesus, sama kalau manusia mati,daya kehidupannya [rohnya] kembali kepada Allah.

    Kalau sseorang mati karena serangan jantung,kalau belum terlambat, adakalanya orang itu masih dapat dihidupan kembali dengan memberi dia nafas buatan.
    Bayi yang dilahirkan tidak menangis dibuat menangis supaya ia dapat mengirup udara yang mengandung oxygen, dan memang daya kehidupan yang ada di setiap cel tubuh manusia harus ditunjang oleh oxygen untuk kelangsungan hidupnya.

    Daya kehidupan atau life force Yesus kembali kepada Yehuwa ketika Ia mati dan BARU pada hari ketiga,life forceNya dikembalikan kepada Yesus,maka Yesus TERCIPTA kembali,HIDUP kembali.
    Semua orang yang mati rohnya [daya kehidupannya] kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.Danpada hari kebangkitan roh semua orang yang mati akan dikembalikan dan semua orang yang mati tercipta kembali.

    Dari ADA menjadi TIDAK ADA [mati] dan kembali menjadi ADA,hidup kembali.

    (page 2)

    BalasHapus
  5. Apakah masuk di akal,bahwa SELAMA TIGA HARI Oknum Kedua dari Allah Tritunggal TIDAK diketemukan diseluruh alam semesta?
    Jelas,bahwa Tritunggal adalah karangan mansuia.

    Kepada sipenjahat Yesus mengatakan,bahwa pada hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku didalam Firdaus.

    Masuk di akal tidak? TIDAK,sama sekali TIDAK!!!
    Mengapa? Sebab,kalau Yesus bisa, pada hari kematianNya, berada di Firdaus maka berarti pula,bahwa BELUM juga sehari Ia mati sudah BANGKIT.
    Belum sehari penuh,sedangkan alkitab mengatakan, bahwa Yesus bangkit pada hari ketiga.

    Kita lihat,bahwa Tritunggal memang ciptaan manusia.
    Yesus dan murid-muridNya tidak pernah menjelaskan mengenai Allah Tritunggal dan dapat dipastikan, semua yang hidup dizamnya rasul-rasul dan murid-muridNya Yesus, TIDAK satupun yang tahu mengenai Allah Trtunggal.
    Yesus sendiri mengatakan,bahwa Dia adalah Anak Allah,dan bahkan kepala pasukan mengatakan: Sungguh, orang ini adalah Anak Allah.[Markus 15 :39]
    Iblis yang mencobai Yesus mengatakan : Jika Engkau Anak Allah. [Mat.4 : 6]

    Memang benar,kalau dikatakan,bahwa Wahyu 3 :14 ; Kolose 1 : 15; Amsal 8:22.....; dan masih banyak ayat lagi dikenakan kepada penciptaan Yesus.

    Jadi dari penjelasan diatas sudah dapat kita tahu apa yang sebenarnya alkitab ajarkan.

    (page 3)

    BalasHapus
  6. Manusia tidak mempunyai sesuatu yang masih hidup sewaktu dia mati, Tidak ada yang dikatakan roh tidak berkematian sebab Pengkhotbah 9 :5-6 mengatakan :Karena orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati,tetapi orang yang mati TIDAK TAHU apa-apa,tak ada upah lagi bagi mereka,bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik KASIH mereka,maupun KEBENCIAN dan KECEMBURUN mereka sudah lama hilang,dan untuk SELMA-LAMANYA tak ada lagi bahagian mereka dalam sesuatu yang terjadi di bawah matahari.

    Orang yang mati hanya tinggal debu yang akan kembali menjadi tanah dan roh[daya kehidupan] kembali kepada Allah.

    Jadi orang mati sudah TIDAK bisa MENGASIHI,tidak bisa MEMBENCI,tidak bisa CEMBURU,juga TIDAK bisa MENCELAKAN atau MENOLONG orang.

    Bukankah sangat mengherankan bahwa masih banyak orang Kristen bukan Kristen Saksi-Saksi Yehuwa, yang takut kepada orang mati?

    Juga kita tahu,bahwa Tritunggal bukan yang alkitab sebenarnya ajarkan.

    Ada theolog-theolog dan pendeta-pendeta yang percya bahwa Yesus adalah 100% Allah dan 100% manusia.

    Ini benar-benar tidak masuk di akal.

    Yesus dilahirkan oleh seorang ibu MANUSIA dan alkitab mengatakan,bahwa Yesus adalah manusia yang sempurna.

    Gigi ganti gigi,mata ganti mata.
    Bukan gigi ganti gigi-plus atau mata ganti mata-plus.(page 4)

    BalasHapus
  7. Publikasikalah tulisan ini , supaya pembaca dapat memberi komentar,apakah tulisan ini betul-betul dianggap racun oleh mereka.

    Sampai disini dulu.
    Salam Kristen saya.
    (Kalimat penutup)

    BalasHapus
  8. Yang dihilangkan Adam adalah kehidupan dan yang diserahkan Yusus sebagai gantinya adalah kehidupanNya.[tidak ada PLUSnya]

    Jawaban apa yang akan diberikan,kalau ditanya: Kalau Yesus adalah 100% Allah dan 100% manusia,maka sewaktu Yesus dibunuh,maka apakah Allah Yesus ikut mati.Apakah Allah bisa mati?

    Menurut 1 Petrus 3 : 18 Yesus bangkit menurut Roh.
    Jadi kalau manusia Yesus yang mati dan Allah Yesus TIDAK mati maka, Yesus TIDAK pernah mati dan tidak perlu di bangkitkan.

    Justeru karena ada orang-orang yang tidak percaya bahwa Yesus hanya manusia yang sermpurna tok,maka Yehuwa memberi kita peringatan di 1 Yoh 4 : 2 yang mengatakan ,bahwa kita mengenal roh Allah kalau kita mengaku,bahwa Yesus datang sebagai manusia dan di
    1 yoh 1- 7 dikatakan : Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia,yang tidak mengaku,bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai MUNUSIA. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

    Di abad pertama ada yang diberi karunia untuk membedakan roh.
    Kalau ada ajaran yang tidak benar,maka orang yang memiliki karunia untuk membedakan roh,langsung tahu apakah ajran itu benar atau salah.

    Tetapi,karunia-karunia itu sudah dihentikan dan hanya tinggal tiga saja,yaitu iman,harapan dan kasih dan kasih adalah yang terbesar.
    1 Kor 13 : 8;13.

    Maka sekarang Yehuwa memberikan firmanNya,supaya kita bisa tahu ajaran yang mana yang benar dan mana yang salah.(page 5)
    ini sudah yg ketiga kali mengapa di hapus page5 nya?

    BalasHapus
  9. Saya baca, katanya GRAPHE memiliki petanyaan-pertanyaan yang tidak akan dapat dijawab oleh Saksi-SaksiYehuwa.
    Saya benar-benar ingin tahu dan ingin mencobanya,apakah betul ada pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh Saksi-Saksi.
    Mohon ditayangkan.

    Sebaliknya saya ada pertanyaan yang tidak akan pernah dapat dijawab oleh mereka yang mempercayai Doktrin Tritungal.
    Pertanyaan saya akan merupakan boomerang bagi mereka yang dapat menjawab petanyaan saya.
    Kalau dapat menjawab pertanyaan saya,maka jawabannya akan membunuh Doktrin yang meeka percayai.

    Sayangnya sudah saya beri penjelasannya di blog ini mengenai pertanyaan saya.
    TETAPI KALAU ADA YANG BELUM BACA MAKA,COBA MENCARI JAWABANNYA.

    Pertanyaannya sederhana saja:
    SEBELUM YESUS DIBANGKITKAN PADA HARI KETIGA, IA ADA DIMANA.

    Coba jawab,tetapiajangan lebuh dahulu baca penjelasan saya yang ada di blog ini.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dalam "tempat dimana kita telah dimenangkan" jadi kita tidak lewat tempat itu.. tau tmpat saya?? cb pelajari Alkitab versi Ibrani dan Bhasa Indonesia sehari2. bandingkan dulu.

      Hapus
  10. Memang sok. Kok beraninya lho untuk mengatakan: GRAPHE memiliki pertanyaan-pertanyaan yang tidak akan dapat dijawab oleh Saksi-Saksi Yehuwa.
    Benar sok pisan. Maka itu jangan suka menantang.

    Salam

    BalasHapus
  11. Salam Sdr BillyBoy.

    Saya baru saja membaca tulisan Sdr, yang diselipkan diantara dua tanggal.
    Saya punya kedua-duanya tertanggal 14 Febr 2012 sedangkan BillyBoy punya tertanggal 24 APRIL 2012.
    Dan saya kurang jelas, apakah pertanyaan itu disampaikan kepada saya.
    Kalau benar,maka akan saya berusaha untuk menjawabnya sebisa mungkin dan selaras dengan apa yang alkitab ajarkan.Saya tidak akan menjawab berdasarkan pendapat pikiran saya,karena itu adalah TABU bagi SSY. Kami tidak boleh mengambil kemulian Yeshuwa bagi diri kami sendiri.

    Jawaban untuk pertanyaan pertama: Apa tugas Tuan Yesus datang kedunia?
    Alkitab dalam Lukas 4 :43 mengatakan:Juga dikota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah,sebab UNTUK ITULAH AKU “ DIUTUS”.
    Mungkin Sdr akan bertanya? Bukankah Yesus diutus untuk menebus dosa umat mansia?
    Benar,karena itu sudah tercakup dalam apa yang dilakuan oleh Yesus sebagai Raja dari KerajaanNya.
    Mengapa Kerajaan Allah begitu penting,tetapi yang bahkan tidak pernah dibawakan dalam khotbah-khotbah di gereja.

    Kerajaan Allah ini yang akan mengembalikan dunia yang sudah benar-benar bejat,rusak dalam segala seginya,kepada dunia yang Allah firmankan dalam Kejadian 1 :28 yang bunyinya:
    Allah memberkati mereka,lalu
    Allah BERFIRMAN kepada mereka:Beranakcuculah dan bertambah banyak;penuhilah bumi dan taklukkan itu,......[baca seterusnya].

    Apakah apa yang Yehuwa firmankan ini SUDAH digenapi melihat dunia yang begitu hambur adul begini? Belum bukan,tetapi apa yang Yehuwa katakan:
    Bil.23 : 19 mengatakan:Allah BUKANLAH manusia,sehingga Ia bedusta.bukan anak manusia,sehingga Ia menyesal . MASAKAN Ia berfirman dan tidak melakukannya,atau berbicara dan TIDAK menepatinya?
    Yesaya 46 : 10 mengatakan: yang membeitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana,yang berkata: KeputusankU AKAN SAMPAI,dan SEGALA kehendakKu akan KULAKSANAKAN.
    Yesaya 55:11 demikianlah FIRMANKU yang keluar dari mulutKu:ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia,tetapi ia akan melakukan apa yang Kukehendaki,dan akan BERHASIL dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

    Firman-firman Allah yang MENJAMIN ,bahwa apa yang Ia firmankan di Kej.1 :28 PASTI akan digenapi.

    Baca Yesaya 11 : 6-9 ; 25 : 8; 33:24 ; 35 : 5-6.
    Tetapi sebelumnya Yehuwa akan mendirikan suatu Kerajaan .
    Daniel 2 : 44 mengatakan: Tetapi pada zaman raja-raja,Allah semesta langit akan mendirikan suatu Kerajaan yang TIDAK akan binasa sampai selama-lamanya,dan kekuasaan TIDAK akan BERALIH lagi kepada bangsa lain: [lihat apa yang akan dilakukan Kerajaan Allah nanti] kerajaan itu akan MEREMUKAN segala kerajaan dan MENGHABISINYA,tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,....

    Jadi sepintas sudah diberi bayangan,bahwa semua kuasa dunia akan dihbisinya dan tentu juga semua yang tidak diperkenan Yehuwa.

    Siapa yang akan jadi raja dari Kerajan Allah? Yesus Kristus.
    Baca Daniel 7 : 13-14 dan Mat. 16 :27

    BalasHapus
  12. Apakah Yesus akan memerintah sendirian? TIDAK.
    Daniel 7 : 27: Maka pemerintahan,kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan dibawah semesta langit akan DIBERIKAN kepada orang-orang kudus,umat yang Mahatinggi:pemerintahan mereka,adalah pemerintahan yang kekal,dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepadam mereka.
    2 Tim 2 : 11-12 :Jika kita mati dengan Dia,kitapun akan hidup dengan Dia;jika kita bertekun kita pun akan I K U T MEMERINTAH DENGAN DIA .....
    1 Kor. 6 : 2-3 : Atau tidak TAHUkah kamu ,bahwa ORANG-ORANG Kudus akan menghakimi dunia?..................Tidak TAHUKAH kamu,bahwa kita akan menghakimi MALAIKAT-MALAIKAT?
    Ibrani 3 : 1 mengatakan :Sebab itu saudara-saudara yang KUDUS,yang mendapat PANGGILAN sorgawi,.......
    1 Petrus 2 : 9 : Tetapi kamulah bangsa yang TERPILIH,imamat yang RAJANI,bangsa yang KUDUS,umat kepunyaan Allah sendiri,.....

    Orang-orang kudus inilah yang akan menjadi MITRA Yesus dalam pemerintahanNya.

    Mengapa ajaran mereka diluar SSY,begitu banyak yang keliru?
    Ini dikarenakan mereka tidak mengenal/tahu adanya orang-orang KUDUS. Hanya mereka,manusia-manusia,yang akan hidup di sorga sebagai MITRA Yesus dalam PemerintahanNya.

    Kalau Kej.1:28 nanti menjadi kenyataan,maka tidak ada manusia yang selamat yang akan hidup di sorga,hanya mereka yang akan memerintah bersama-sama dengan Yesus yang akan hidup di sorga,Semua yang lainnya akan menghuni bumi. [baca Maz.78: 69; 104: 5 ; Pengkhotbah 1 :4; Yesaya 45 : 18]

    2000.000.000. orang kristen diajarakan ,bahwa yang selamat akan ke sorga. Alkitab TIDAK mengajarkan demikian.

    Sdr BillyBoy sudah dapat sedikit bayangan sekarang apa tugas Yesus ke dunia selain sebagai penebus dosa.

    Pertanyaan 2.
    Matius 26 : 53 mengatakan :Atau kausangka,bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapaku,supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?

    Di Yesaya 37 : 36 dikatakan: Keluarlah Malaikat Yehuwa,lalu dbunuhNyalah seratus delapan puluh lima ribu orang di dalam perkemahn Asyur. HANYA OLEH SATU MALAIKAT SAJA.
    Mengapa Yesus tidak mengatakan:Kalau saya mau,saya dapat membinasakan mereka semua. Saya tidak tahu mengapa, karena alkitab tidak menyebut apa-apa berkenaan kemampuan Yesus,waktu it.
    Waktu itu Yesus hanya sebagai manusia sempurna saja,tetapi kalau Allah memberi kuasa kepadaNya,PASTI Ia dapat membinasakan mereka. Bukankah bahkan orang mati Ia dapat membangkitkanNya?
    Tetapi di Matius 28 : 18 setelah Yesus sudah dibangkitkan, baru Ia mengatakan:KepadaKu telah diberikan SEGALA kuasa di sorga dan di bumi.
    Maka,saya tidak berani dengan lancang mengatakan: PASTI BISA! Tidak,karena Dia sendiri pasti punya alasan mengapa Ia mengatakan:Atau kausangka..............
    Dan bukan: Aku bisa.........

    Pertanyaan 3.
    Apakah tiga hari cukup untuk menghilangkan jasad Tuan Yesus?
    [2]

    BalasHapus
  13. Kisah 2 : 31 dikatakan bahwa Tuan Yesus tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati dan ,bahwa DAGINGNYA T I D A K mengalami kebinasaan.
    TubuhNya dipersembahkan sebagai korban tebusan.
    Ibrani 10 : 10 mengatakan : Dan karena kehendakNya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh PERSEMBUHAN tubuh Yesus Kristus.

    Pertanyaan 4.
    Apa yang tidak dapat dilakukan Allah?
    Yang pasti Ia tidak dapat melakukan apa saja yang melawan hukumNYa sendiri.
    Selain itu Ia dapat melakukan apa saja,karena Ia MahaKuasa,Maha Tahu dsb,dsb. Tetapi Yehuwa tidak selalu memakai KemahaanNya, semau Gue.

    Apakah,kalau Ia mau, Ia tidak bisa tahu ,bahwa Abraham takut kepadaNya? Pasti bisa,tetapi apa yang Yehuwa katakan kepada Abraham:sebab telah Kuketahui SEKARANG ,bahwa engakau takut akan Allah,..... [Kej. 22 : 12]
    Jadi sebelumnya Yehuwa belum tahu.Mengapa?Karena Yehuwa tidak memakai KEMAHAANYA semau gue. TIDAK demikian.

    Apakah kalau Ia mau tahu bagaimana bejatnya orang-orang di Sodom dan Gomorah,Ia tidak bisa? PASTI bisa,tetapi kenyataannya, Yehuwa menyuruh dua malaikatNya untuk meninjau,untuk mengetahui kebenarannya.

    Baik sampai disini dulu.
    Salam kristen saya demi nama Yehuwa dan PutraNya Yesus Kristus.



    [3]

    BalasHapus
  14. BillyBoy
    Tambahan.
    Coba Sdr baca surat-surat para rasul dengan sangat teliti,maka sdr akan dapati,bahwa mereka adalah orang-orang kudus yang saling menyurati. Kata-katanya diperuntukan bagi orang-orang kudus dan bukan untuk kita,meskipun kita dapat manfaat yang besar dari tulisan-tulisan itu.
    Tetapi awas-awaslah karena banyak sekali yang dibicarakan di surat-surat itu TIDAK dapat kita aplikasikan pada diri kita.

    Misalanya apa yang dikatakan dalam Ibrani 3 : 1:Sebab itu,hai saudara-saudara yang KUDUS yang mendapat PANGGILAN sorgawi,.....
    Tetapi kamulah bangsa yang TERPILIH,imamat yang RAJAI,bangsa yang KUDUS,umat kepunyaan Allah sendiri,.....[1Petrus 2 : 9]
    Jika kita mati dengan Dia;kitapun akan hidup dengan Dia'jika kita bertekun.kitapun akan ikut MEMERINTAH dengan Dia;..[2 Tim 2 : 11-12]
    Karena KEWARGAAN kita adalah di dalam sorga,dan dari.....[Filipi 3 : 20]
    Atau tidak tahukah kamu,bahwa orang-orang KUDUS akan MENGHAKIMI dunia?
    Tidak tahukah kamu,bahwa kita akan MENGHAKIMI malaikat-malaikat? [1 Kor 6 : 2-3]

    Kemubian baca Daniel 7: 13-14 {Yesus sebagai raja] kemudian baca Daniel 7 : 27 yang bunyinya:Maka pemerintahan,kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan DIBERIKAN kepada ORANG-ORANG KUDUS,umata yang Maha Tinggi:pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.

    Ayat - ayat tidak dapat kita aplikasikan pada diri kita.
    Tetapi dapatkah BillyBoy melihat hubunganya aya-ayat di Daniel dengan 1 Kor 6 :2-3, 2Tim 2 :11-12 dsb]?

    Orang-orang kudus ini yang akan memerintah bersama-sama dengan Yesus di Sorga sedangkan wilayah yang akan dperintah adalah bumi.

    BillyBoy pikirkan,apakah masuk akal kalau semua yang selamat akan ke sorga dan semua ikut memmerintah dengan Yesus. Siapa yang akan diperintah?

    Maka kalau Kej. 1 :28 nanti menjadi kenyataan,maka semua yang selamat akan hidup di bumi.[maksud tujuan Allah sebelum manusia jatuh kedalam dosa.]

    Karena kedudukan pemerintahan ada di sorga,maka suka di sebut Kerajaan sorga.

    Coba Sdr BillyBoy betul-betul membaca surat-surat para rasul dengn sangat teliti dan Sdr akan sadar mengapa pemahaman begitu menjadi salah kaprah.

    Kalau Sdr BillyBoy mau tahu dengan PASTI mengapa pemahaman begitu sulit,akan saya memberikan penjelasannya.

    Untuk sementara:Terima salam kristen saya.

    BalasHapus
  15. saya seorang Saksi Yehuwa,dan menurut saya Saksi Yehuwa tidak senegatif yang disangka kebanyakan orang,Justru ajaran saksi yehuwa itu masuk akal,memulihkan Alkitab,mengajarkan semangat penginjilan (mengabar) seperti dizaman para rasul,dan benar2 back to bible..tidak ada teriak2 seperti orang kesurupan alias bahasa roh,tidak ada pemakasaan perpuluhan yang menakutn-nakuti jemaat,tidak gelar kependetaan apalagi pengulutusan pendeta,emang di alkitab ada kata pendeta? heheh yang ada penatua.. emang sejak kapa Yesus Kristus mengkalaim dirinya Tuhan atau Allah? diayat mana? emang ada kata tritunggal didalam alkitab? jika ada sejak kapan rumusannya dibuat? bukankah Trinitas adalah pengadopsian terhadap nilai2 paganisme,seperti Trimurti (hindu) Triratna (Budha) TriZakrah (Zoroaster) dan Tritunggal (Kristen???) lucu ya Allah yang Maha esa dan Maha Kasih di samakan dengan allah palsu..ckckckc ayo percaya Yesus pasti disembuhkan,yang miskin jadi kaya,yang banyak hutang di lunasi,kayak Tuhan tukang sihir aja hahaha... sikaralababababab bababab ini bahasa roh atau bahasa apa ya??? sikaralababababab heheheh hahaha huhuh

    BalasHapus
  16. Saya mantan saksi yehuwa.... saya mengerti betul pemikiran mereka.....
    Kalau menurut keyakinan saksi yehuwa.... mereka diajarkan kalau Yesus itu sebelumnya adalah MALAIKAT MIKAEL...

    BalasHapus
  17. Tak perlu dibuat penjelasan yg belat belit seperti ini. Seakan Alkitab dibuat hanya utk org2 tertentu saja.
    Nyata kalau Kolose 1:15 adalah Sang "Anak Sulung", yg diberikan kuasa ilahi utk mengadakan/memulai segalannya. Tak perlu belit2 biar umat kristen lainnya bisa ngerti. Kalau bukan begitu konteksnya pakai kalimat2 lain saja,bukankah Alkitab utk dibaca dn dimengerti siapa saja?
    Nyata kalau Wahyu 3:14 menuliskan kalimat:" permulaan dari ciptaan Allah." tak perlu di tafsir macam2. Kalau bukan begitu mengapa tdk dibuat kata lainnya saja semisal: "Yesus sang Allah."


    BalasHapus
  18. Saksi Yehuwa memang nyata saksi IBLIS, memutarbalikan firman Allah yang kudus, ajaran sesat SY akan terbukti nyata saat semua pengikut SY masuk Neraka. Kembalilah kepada ajaran alkitab yang sudah terbukti benar yang dikeluarkan oleh LAI.
    Jelas dalam ALKITAB yang BENAR yg dikeluarkan oleh LAI dalam Yohanes 3:16: "Karene begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal (YESUS KRISTUS); supaya SETIAP orabf yang percaya kepadaNya TIDAK BINASA melainkan beroleh HIDUP YANG KEKAL"
    Tidak perlu diperdebatkan yang pasti TIDAK BISA MASUK KESORGA TANPA MELALUI YESUS KRISTUS JURUSELAMAT kita". SY seperti Ahli TAurat hanya sibuk memperdebatkan Alkitab tanpa ada roh kudus, bertobatlah dan kembali kepada ajaran Allah yang benar supaka bisa melihat Kerajaan Sorga yang kekal. Ingat dunia cuma sementara justru kehidupan selanjutnya yang kekal, pilih saja SORGA atau NERAKA.
    God Bless people who believe di Jesus Christ...amiin..

    BalasHapus
  19. Silakan baca Dari sarapanpagi.org tentang penjelasan doktrin tritunggal. Bagaimana mungkin pikiran manusia yang adalah ciptaan may mengalahkan pencipta. Pakailah logika anda sampai maksimal Dan jika memang tidal terjangkau, berserah dirilah Dan jangan memaksakan.

    -heri-

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. MEREKA YANG MENYEBABKAN MEREKA PERCAYA AKAN .DUSTA,SUPAYA DIHUKUM SEMUA ORANG YANG TIDAK PERCAYA AKAN KEBENARAN DAN SUKA KEJAHATAN.
    [2 TES : 7-12 ]

    PENCEMARAN AJARAN-AJARAN PALSU DI ABAD PERTAMA TIDAK DAPAT BERKEMBANG PESAT KARENA MASIH ADA PARA RASUL YANG MENAHANYA DAN YOHANES DENGAN PERINGATAN-PERINGATANYA DALAM YOH 1, YOH 2 DAN YOH 3,MERUPAKAN RASUL TERAKHIR SEBAGAI PENAHAN?
    APA YANG TERJADI SETELAH PARA RASUL TERMASUK YOHANES
    TIDUR DALAM KEMATIAN?
    SI PENDURHAKA MULAI BEKERJA

    BACA PERUMPAMAAN TENTANG LALANG DAN GANDUM.TERLAU PANJANG UNTUK DITULIS
    SEWAKTU LELANG HENDAK DIBABAT,MAKA ITU TIDAK BOLEH DILAKUKAN , TUNGGU SAMPAI AKHIR ZAMAN. [MATIUS 13: MULAI DAR AYAT 27---- DAN DARI AYAT 37 -----]

    APA YANG DAPAT DIPAHAMI DARI PERUMPAMAAN INI.

    ITU MEMBERI PEMAHAMAN,BAHWA AJARAN-AJARAN PALSU DAN AJARAN-AJARAN SETAN DIBIARKAN SAMPAI SEKARANG,YAITU ZAMAN AKHIR.

    INI BERARTI BAHWA AJARAN-AJARAN PALSU DAN SETAN-SETAN DIBIARKAN BERKEMBANG DARI ABAD PERTAMA SAMPAI SEKARANG, JADI KIRA-KIRA 2000TAHUNAN.

    APAKAH IBLIS AKAN MELALUKAN KESEMPATAN INI?

    TENTU TIDAK!
    KITA LIHAT BAHWA DUNIA SEKARANG SUDAH HAMBUR ADUL
    DUNIA PENUH DENGAN KEJAHATAN, KORUPSI, AMORALITAS SEX,
    PERTIKAIAN,PERANG. DIMANA-MANA, BANYAK PEMBUNUHAN,, PARA PENDUSTA DIMANA-MANA. SAMPAI DIPASAR PUN PARA PENDUSTA MERAJALELA.SAMPAI DALAM SPORT SEPAK BOLA DUSTA TIDAK PERNAH KETINGGALAN,PURA-PURA KESAKITAN PADA HAL BANYAK ADALAH MERUPAKAN DUSTA.
    MASIH BANYAK LAGI KALAU MAU DISEBUT SATU PER SATU.
    DUNIA SUDAH RUSAK BEGINI DAN SIAPA YANG MENJADI DIALANGNYA,. KALAU BUKAN S E T AN SI IBLIS SIAPA LAGI.
    IBLIS MEMAKAI SIAPA SAJA,YANG MEMBIARKAN DIRINYA MAU DIPERALAT DIA UNTUK MERUSAK DUNIA INI

    SEMUANYA INI ADALAH PERBUATAN SI PENDURHAKA.


    SI PENDURHAKA MULAI BEKERJA SEJAK PARA RASUL TIDUR DALAM KEMATIAN.

    SELAMA BERTAHUN-TAHUN,ADA BANYAK TENTANGAN ATAS DASAR ALKITAB TERHADAP GAGASAN YANG MAKIN. BERKEMBANG BAHWA “ YESUS ADALAH A L L A H”
    DALAM UPAYA UNTUK MENGAKHIRI PERTIKAIN ITU,PENGUASA ROMA KOSTANTIN MEMANGGIL SEMUA USKUP KE NICEA.
    YANG HADIR KIRA-KIRA 300 ,SEBAGIAN KECIL DARI JUMLAH KESELURUHAN.

    KONSTANTIN BUKAN SEORANG KRISTAN. MENURUT DUGAAN,IA BELAKANGAN DITOBATKAN,TETAPI BARU DIBAPTIS PADA WAKTU SEDANG TERBARING SEKARAT.
    IA ADALAH ORANG KAFIR YANG MENYEMBAH MATAHARI YANG TAK TERTAKLUKKAN.

    PERANAN APA YANG DIMAINKAN KAISAR YANG TIDAK DIBAPTIS INI DI KONSILI NICEA
    KONSTANTIN SENDIRI MENJADI KETUA. DENGAN AKTIF MEMIMPIN PETEMUAN DI KONSILI NICEA DAN SECARA PRIBADI MENGUSULKAN .... RUMUSAN PENTING YANG MENYATAKN HUBUNGAN KRISTUS DAN ALLAH DALAM KREDO YANG DIKELUARKAN OLEH KONSILI TERSEBUT “ DARI SATU ZAT DENGAN BAPA.
    KARENA SANGAT SEGAN TERHADAP KAISAR,PARA USKUP KECUALI DUA ORANG SAJA [YANG PERCAYA BAHWA YESUS ADALAH PERMULAAN CIPTAAN ALLAH] MENANDATANGANI KREDO ITU,KEBANYAKAN DARI MEREKA[PARA USKUP] DENGAN BERAT HATI.

    KARENA ITU PERAN KONSTANTIN PENTING SEKALI.
    SETELAH DUA BULAN D E BA T AGAMA YANG ,S E N G I T, POLITIKUS K A F I R INI C A M P UR TANGAN DAN MENGAMBIL
    KEPUTUSAN DEMI KEUNTUNGAN MEREKA YANG MENGATAKAN
    BAHWA “ YESUS ITU ADALAH ALLAH”

    MENGAPA KONSTANTI MEMUTUSKAN BAHWA YESUS ADALAH ALLAH?
    SEBAB KAISAR YANG KAFIR II TAHU ,BAHWA PERPECAHAN AGAMA
    MERUPAKAN ANCAMAN BAGI KEKAISARANYA DAN IA INGIN MEMPERKUAT WILAYAH KEKUASAANYA.

    SAMPAI DISINI APAKAH YANG JUJUR DAN RENDAH HATI BISA MENERIMA BAHWA AJARAN YANG DIAJARKAN KEPADA JEMAAT-JEMAAT GREJA ADALAH HASIL KEPUTUSAN SEORANG KAFIR DAN B U K A N DARI ROH KUDUS, ALLAH YEHUWA?

    TETAPI BAGI MEREKA YANG JUJUR DAN RENDAH HATI PERLU TAHU,BAHWA KEPERCAYAAN “ YESUS ADALAH ALLAH” ADALAH AJARAN YANG DISAMPAIKAN OLEH GEREJA KATOLIK.
    WAKTU ITU BELUM ADA GEREJA PROTESTAN.
    (Bersambung di bawah....)

    BalasHapus
  22. TETAPI ORANG-ORANG DARI GEREJA PROTESTAN SAMPAI SEKARANG MEMBELANYA MATI-MATIAN.
    BUKANYA MENGADAKAN REFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN YANG DIMILIKI GEREJA KATOLIK DAN HASIL KEPUTUSAN
    O R A N G KAFIR DAN BUKAN ASALNYA DARI ROH KUDUS ALLAH YEHUWA, TETAPI JUSTERU BERANI MENGATAKAN SSY SESAT,SSY SETAN,

    .DIADAKAN KONSILI KOMSTANTINOPEL DI TAHUN 381 OLEH KAISAR THEODOSIUS. KONSILI INI MEYETUJUI UNTUK MENARUH ‘ ROH KUDUS” PADA TINGKAT YANG SAMA DENGAN ALLAH DAN YESUS KRISTUS. DENGAN INI MAKA LAHIRLAH “TRITUNGGAL” -NYA ORANG-ORANG KEISTEN DAN BUKAN ORANG-ORANG KISTEN SSY.

    BEGITU MINIMNYA ORANG-ORANG KRISTEN MENGENAL FIRMAN ALLAH SEHINGGA APA SAJA YANG DISAMPAIKAN KEPADA MEREKA
    DIANGGAPNYA PASTI BENAR.

    KEPUTUSAN SEORANG KAFIR BEGITU SANGAT DIBELANYA,SEHINGGA BANYAK SEKALI DARI MEREKA
    YANG MEMBENCI DAN MEMAKI-MAKI SSY.
    PADAHAL BAGI ORANG KRISTEN BERLAKU: KASIHI SESAMAMU SEPERTI DIRIMU SENDIRI

    FIRMAN ALLAH TIDAK MENGATAKAN: SEPERTI KAMU A K A N
    MENGASIHI DIRIMU SENDIRI. TANPA KATA ‘AKAN. ’
    SESEORANG TIDAK PERLU BELAJAR UNTUK MENGASIHI DIRINYA SENDIRI,KARENA DARI MULA IA SUDAH MENGASIHI DIRINYA SENDII.

    CONTOH;SEORANG AYAH HANYA MEMPUNYAI SESUAP NASI DAN ANAKNYA MENANGIS KARENA KELAPERRAN.
    APAKAH SESUAP NASI ITU AKAN IA MAKAN SENDIRI ATAU IA AKAN MEMBERIKANNYA KEPADA ANAKNYA.
    PASTI SEMUA AKAN BILANG:IA PASTI AKAN MEMBERIKANNYA KEPADA ANAKNYA YANG MENANGIS. MENGAPA?
    KARENA IA MENGASIHI ANAKNYA YANG SEDANG MENANGIS KARENA LAPAR.

    TETAPI SEBETULNYA KARENA IA MENGASIHI DIRINYA SENDIRI.LEBIH DULU SEBAB KALAU IA MAKAN SENDIRRI IA PASTI AKAN TERSIKSA DAN SAKIT,MENDENGAR ANAKNYA MENNGIS KARENA KELAPARAN.
    IA MENGASIHI ANAKNYA,TETAPI IA SEBETULNYA JUGA TIDAK MAU DISAKTI,KARENA IA MENCINTAI DIRINYA LEBIH DULU

    YANG LAINNYA:
    MENGAPA ORANG BUNUH DIRI,KARENA IA INGIN SEGERA MENGHENTIKAN YANG DAPAT MEMBUAT DIA MENDERITA.
    IA DIHUKUM KARENA MEMBUNUH,MENCURI, DSB.
    IA MALU DAN MERASA DIRINYA DISAKTI,MAKA KALAU IA MENGASIHI DIRINYA TERLALU EXSTEEM IA BISA BUNUH DIRI,KARENA DIA SANGAT MALU DAN MERASA DISAKTI.IA TIDAK MAU DISAKTI,KARENA IA MENGASIHI DIRINYA.

    TETAPI PARA BEMBENCI SSY ,MEREKA MAU MENYAKITI ORANG LAIN TIDAK DIRINYA SENDIRI.
    MEKIPUN PERLAKUANYA SANGAT-SANGAT TIDAK ALKITABIAH,TETAPI DENGAN MEMBENCI ORANG LAIN ,MEREKA MERASA TELAH MEMBAHAGIAKAN DIRINYA SENDIRI.
    DAN MEREKA MENGANGGAPNYA ITULAH PERBUATAN ORANG-ORANG KRISTEN SEJATI. AMIT......


    KEMBALI KE TOPIC YANG TADI DIBICARAKAN.

    GEREJA DI ABAD PERTENGAHAN SAMA SEKALI T IDAK PROGRESIF,SAMA SEKALI TIDAK MEMBERI BIMBINGAN ROHANI,MALAH KIAN MEMBURUK DAN MEROSOT,SEMUA ANGGOTANYA KORUP. [DEMIKIANLAH KATA BUKU THE STORY OF THE REFORMATION TENTANG GEREJA KATOLIK]

    LANGSUNG SAJA KE LUTHER.
    LUTHER MEMAKUKAN 95 TESISNYA PADA PINTU GEREJA SEBAGAI REAKSI TERHADAP SEBUAH KEJADIAN SPESIFIK,BUKANNYA PEMBRONTAKAN TERENCANA.IA MEMPROTES PENJUALAN INDULGENSI
    PENGAMPUNAN DAN SIKSAAN API PENYUCIAN DAPAT DIBELI DENGAN UANG.
    BEGITU UANG LOGAM YANG MASUK KE PETI BERDENTING,JIWA DI API PENYUCIAN PUN AKAN KELUAR.

    BAGI RAKYAT JELATA,SELEMBAR INDULGENSI HAMPIR MENJADI POLIS ASURANSI GUNA MENGHINDARI HUKUM UNTUK SEGALA DOSA,DAN PERTOBATAN TIDAK DIPERLUKAN.

    TAPI APAKAH LUTHER MENGADAKAN PERUBAHAN TERHADAP GAGASAN YESUS ADALAH ALLAH DAN DOKTRIN TRITUNGGAL?
    TIDAK,BAHKAN IA PERCAYA JIWA YANG TIDAK BERKEMATIAN DAN SiKSAAN KEKAL.

    BAGAIMANA DENGAN JOHN CALVIN.
    CALVIN SEPERTI LUTHER TETAP PERCAYA KEPADA DOKTRIN TRITUNGGAL. BAHKAN MICHAEL SERVETUS SEORANG SPANYOL YANG MENERBITKAN “KEKELIRUAN TRITUNGGAL” DIBAKAR HIDUP-HIDUP SECARA P ELAN-PELAN OLEH CALVIN.

    DAN SAMPAI SEKARANG INI. DOKTRIN TRITUNGGAL YANG ADALAH MILIK ORANG KRISTEN KATOLIK DAN ASAL USULNYA ADA CAMPUR
    (Bersambung dibawah...)

    BalasHapus
  23. TANGAN SEORANG KAFIR,TETAP DIBELA MATI-MATIAN OLEH GEREJA-GEREJA PROTESTAN.

    DAN TIDAK TERLIHAT ADANYA KOREKSI TERHADAP AJARAN-AJARAN YANG TIDAK SELARAS DENGAN ALKITAB. YANG ADA JUSTERU TERUS ADANYA PENCEMARAN TERHADAP KEBENARAN FIRMAN ALLAH.

    KARENA GEREJA-GEREJA MEWARISI AJARAN-AJARAN YANG SUDAH TERCEMAR SEJAK ABAD PERTAMA,MAKA TIDAK HERAN BAHWA DARI SATU ALKITAB BISA MUNCUL 41.000 DENOMINASI KRISTEN YANG MEMPUNYAI DOKTRIN-DOKIRINYA SENDIRI DAN PERATURAN-PERATURANYA SENDIRI [DARI THE ATLAS OF GLOBAL CHRISTIANITI TAHUN 2010]

    ADANYA 2 KEYAKINAN SAJA SUDAH DIANGGAP ADANYA PERPECAHAN. T ETAPI PADA TAHUN 2010 SUDAH ADA 41.000 KEYAKINAN.
    DI 1 KOR.1 ADA JUDUL KECIL YANG BUNYINYA: PERPECAHAN DALAM JEMAAT.
    DIKATAKAN: SUPAYA KAMAU SEIA SEKATA DAN J A N G A N
    ADA PPERPECAHAN DIANTARA KAMU,TETAPI SEBALIKNYA SUPAYA KAMU ERAT BERSATU DAN SEHATI SEPIKIR.

    KALIAN YANG JUJUR DAN RENDAH HATI APAKAH KALIAN MARAH MEMBACA KEBENARAN YANG SAYA SAMPAIKAN?
    MEREKA YANG TIDAK JUJUR DAN RENDAH HATI TIDAK AKAN BISA MENERIMA APA YANG BENAR . HATI BURANI MEREKA SAMA SEKALI TIDAK DAPAT MERASAKAN SENTILAN,KARENA HATI NURANINYA SUDAH TUMPUL OLEH KARENA PERASAAN BENCI TERHADAP SSY DAN KARENA TINGGI HATINYA.

    MENGENAI KONSILI NICEA,LUTHER,CALVIN DSB BACA DI ENCYCLOPEDIA BRITTANICA ATAU EN. AMERICANA. [NETRAL,TIDAK BERAT SEBELAH]


    SINGKATNYA:
    SETELAH ADANYA RFORMASI,MAKA:
    EROPA SELATAN KEBANYAKAN TETAP KATOLIK.
    SISANYA TERBAGI MENJADI TIGA GOLONGAN UTAMA LUTHERAN,CALVINISME DAN ANGLIKAN.

    TIGA GOLONGAN INI TERBAGI LAGI MENJADI KELOMPOK-KELOMPOK YANG LEBIH KECIL TETAPI LEBIH RADIKAL.
    SELAMA BERTAHUN TAHUN TIGA GOLONGAN UTAMA INI TERBAGI LAGI MENJADI RIBUAN SEKTE YANG ADA SEKARANG.

    MISALNYA:
    DARI CALVINISME-PRESBETIRIAN ,GEREJA-GEREJA REFORMASI.
    DARI ANGLIKAN EPISKOPAL MUNCUL METODIS,BALA KESELAMATAN,JUGA BAPTIS PANTEKOSTA CONGREGASIONAL.

    DARI SEMUA DENOMINASI KRISTEN YANG ADA SEKARANG,TIDAK ADA S A T U P UN YANG TAHU APA ITU KERAJAAN ALLAH.

    MEREKA TIDAK TAHU,BAHWA SEBELUMNYA KERAJAAN ALLAH ITU TIDAK ADA DAN BARU ADA SETELAH ALLAH YEHUWA MENDIRIKANYA DENGAN MAKSUD TUJUAN UNTUK MENGEMALIKAN DUNIA YANG TELAH DIRUSAK INI KEPADA DUNIA SEBELUM MANUSIA JATUH KEDALAM DOSA.[DANIEL 2 : 44]

    FIRDAUS YANG TELAH DIHILANGKAN OLEH MANUSIA PERTAMA AKAN KEMBAIL DITEMUKAN OLEH KERAJAAN ALLAH DENGAN YESUS SEBAGAI RAJA DAN ORANG-ORANG KUDUSNYA SEBAGAI RAJA DAN IMAM-IMAM.
    MENGAPA KERAJAAN ALLAH TIDAK DIKENAL OLEH MEREKA? KALAU ORANG MAU MENELUSURI,MAKA AKAN DIDAPATI BAHWA SETELAH ABAD PERTAMA HANYA GEREJA KATOLIK YANG ADA DAN GEREJA KATOLIK INI JUGA TIDAK TAHU APA-APA TENTANG KERAJAAN ALLAH.YANG MEREKA BANYAK BICARA ADALAH MENGENAI APAKAH YESUS ITU ALLAH.

    SAMPAI DARI MUNCULNYA REFORMASI SAMPAI SEKARANG MEREKA MASIH TERUS MEMPERCAYAI BAHWA YESUS ADALAH ALLAH,MEMPERCAYAI DOKTRIN TRITUNGGAL,PERCAYA ADANYA JIWA YANG TIDAK BERKEMATIAN DAN JUGA NERAKA.
    TETAPI TENTANG KERAJAAN ALLAH RUPA-RUPANYA TIDAK PERNAH MEREKA SINGGUNG.

    JIKA DEMIKIAN,MAKA APA YANG DICAPAI REFORMASI SECARA KEAGAMAAN.
    TIDAK DIRAGUKAN,HAL YANG TERBAIK YANG DICAPAI REFORMASI ADALAH MEMBUAT ALKITAB TERSEDIA BAGI RAKYAT JELATA DALAM BAHASA MEREKA SENDIRI.
    APAKAH REFORMASI MEMERDEKAN ORANG BUKAN SAJA DARI WEWENANG KEPAUSAN MELAINKAN JUGA DARI K E K E L I R U A N
    DOKTRIN DAN DOGMA YANG TELAH MEREKA ANUT SELAMA
    BERABAD-ABAD?

    HAMPIR SEMUA GEREJA PROTESTAN MENGANUT KREDOA YANG SAMA—KREDODO NICEA,KREDOA ATHANASIA DAN PENGAKUAN IMAN RASULI—DAN MEREKA BERPEGANG PADA BEBERAPA DOKTRIN YANG TELAH KATOLIK AJARKAN EELAMA BERABAD-ABAD,SEPERTI TRITUNGGAL,JIWA YANG TIDAK BERKEMATIAN DAN API NEREAKA.
    AJARAN-AJARAN YANG TIDAK BERDASARKAN ALKITAB DEMIKIAN MEMBERIKAN GAMBARAN YANG MENYIMPANG TENTANG ALLAH YEHUWA DAN MAKSUD TUJUANNYA
    (Bersambung dibawah... )

    BalasHapus
  24. BUKANNYA MEMBANTU ORANG MENCARI ALLAH YANG BENAR,SEJUMLAH SEKTE DAN ALIRAN YANG MUNCUL SEBAGAI HASIL SEMANGAT KEBEBASAN REFORMASI PROTESTAN HANYA MENGARAHKN ORANG BANYAK KE JURUSAN YANG BERLAINAN.
    MALAH KENEKARAGAMAN DAN KESIPANGSIURAN ITU TELAH MENYEBABKAN ORANG MEMPERTANYAKAN KEBERADAAN ALLAH.


    INI TULISAN SECARA SINGKAT [TIDAK BISA SECARA MENDETAIL KARENA NANTI TERLALU PANJNG]UNTU DIBACA BAGI MEREKA YANG JUJUR DAN BERANI BERENDAH HATI.

    APAKAH LAYAK KATA-KATA: SSY SESAT?

    BalasHapus
  25. (TULISAN INI ADA DI PALING ATAS)
    SALAM

    SAYA MENYAMPAIKEN TULISAN INI,UNTUK DIBACA HANYA OLEH ORANG YANG JUJUR DAN RENDAH HATI.
    TIDAK KEPADA ORANG-ORANG YANG TIDAK MAU MENGAKUI,APA YANG BENAR ADALAH BENAR.
    MESKIPUN FIRMAN ALLAH YANG MENGATAKAN TETAPI MASIH DIBANTAH.

    JUTAAN MENGATAKAN BAHWA SSY ADALAH SESAT.
    BAHKAN ADA YANG MENGATAKAN, SSY ADALAH IBLIS.

    BIAR FIRMAN ALLAH YANG MEMBERI PENILAIAN , SIAPA YANG BENAR DAN SIAPA YANG TIDAK BENAR.

    AKAN SAYA SAMPAIKAN AYAT-AYAT ALKITAB.SEKALI LAGI. AYAT-AYAT DARI ALKITAB DAN BUKAN DARI SSY.


    AKU TAHU,BAHWA SESUdAH AKU PERGI,SRIGALA-SRIGALA YANG GANAS AKAN MASUK KE TENGAH TENGAH KAMU DAN TIDAK AKAN MENYAYANGAN KAWANAN ITU. [KISAH 20 : 29-30]

    .MEREKA DENGAN GIAT BERUSAHA UNTUK MENARIK KAMU,TETAPI TIDAK DENGAN TULUS HATI,KARENA MEREKA MAU MENGUCILKAN KAMU,SUPAYA KAMU DENGAN GIAT MENGIKUTI
    MEREKA [GALATIA 4 : 17]

    TETAPI ROH DENGAN TEGAS MENGATAKAN BAHWA DI WAKTU-WAKTU KEMUDIAN ,ADA ORANG AKAN MURTAD LALU MENGIKUTI ROH-ROH PENYESAT DAN AJARAN S E T AN-S E T A N OLEH TIPU DAYA PENDUSTA-PENDUSTA YANG HATI NURANINYA MEMAKAI CAP MEREKA.[1 TIM. 4:1]

    KARENA AKAN DATANG WAKTUNYA,ORANG TIDAK DAPAT LAGI MENERIMA AJARAN SEHAT,TETAPI MEREKA AKAN MENGUMPULKAN GURU-GURU MENURUT KEHENDAKNYA UNTUK MEMUASKAN KEINGINAN TELINGANYA.MEREKA AKAN MEMALINGKAN TELINGANYA DARI KEBENARAN DAN MEMBUKANYA BAGI D O N G E N G. [ 2 TIM; 3-4]

    SEBAGAIMAANA NABI-NABI PALSU DAHULU TAMPIL DI TENGAH-TENGAH UMAT ALLAH,DEMIKIAN PULA DIANTARA K A M U AKAN ADA GUU-GUU P A L S U.
    MEREKA AKAN MASUKKAN PENGAJARAN-PENGAJARAN S E S A T YANG MEMBINASAKAN,BAHKAN MEREKA AKAN MENYANGKAL
    PENGUASA YANG TELAH MENEBUS MEREKA DAN DENGAN DEMIKIAN SEGERA MENDATANGKAN KBINASAN ATAS DIRI MEREKA BANYAK AKAN MENGIKUTI CARA HIDUP MEREKA YANG DIKUASAI HAWA NAFSU ,DAN KARENA MEREKA JALAN KEBENARAN AKAN DI HUJAT.
    DAN KARENA SERAKAHNYA GURU-GURU PALSU ITU AKAN BERUSAHA MENCARI UNTUNG DARI KAMU DENGAN CERITA-CERITA ISAPAN JEMPOL MEREKA.TATAPI UNTUK PERBUATAN MEREKA ITU HUKUMAN TELAH LAMA TERSEDIA DAN KEBINASAAN TIDAK AKAN TERTUNDA. [2 PETRUS: 2:1-3.

    HATI- HATILAH ,SUPAYA JANGAN ADA YANG MENAWAN KAMU DENGAN FILSAFATNYA YANG KOSONG DAN PALSU MENURUT AJARAN TURUN-TEMURUN DAN ROH DUNIA,TETAPI TIDAK MENURUT KRISTUS. [KOLOSE 2 : 8 ]


    PEMBACA YANG JUJUR DAN RENDAH HATI,APAKAH MAU MENERIMA DAN MENGAKU,BAHWA SEMUA AYAT DIATAS ADALAH
    AYAT-AYAT ALKITAB?


    BACA SEKALI LAGI DENGAN TELITI DAN PASTIKAN BAHWA SEMUA AYTAT-YAYAT DIATAS BUKAN KARANGAN SSY,TETAPI BENAR-BENAR KEBENARAN FIRMAN LLAH.


    JIKA SUDAH MAU MENGAKUI ,MAKA AYAT - AYAT ITU MEMPERLIHATKAN FAKTA APA?
    SEMUA YANG TERJADI DALAM AYAT-AYAT ITU,SEMUANYA TELAH TERJADI DI ABAD P E R T A M A.
    MAKA BERARTI AJARAN-AJARAN PALSU DAN AJARAN
    S E T A N- S E T A N ITU SUDAH MENCEMARI AJARAN- AJARAN YANG BENAR DI ABAD PERTAMA.


    APAKAH PENCEMARAN KEBENARAN ALKITAB INI BERHENTI DI ABAD PERTAMA?

    TIDAK!!!

    KARENA SECARA RAHASIA KEDURHAKAAN TELAH MULAI BEKERJA,TETAPI SEKARANG MASIH ADA YANG M E N A H A N.
    KALAU YANG MENAHANYA ITU TELAH DISINGKIRKAN,PADA WAKTU ITULAH SI PENDURHAKA BARU AKAN MENYATAKAN DIRINYA ,TETAPI TUAN YESUS AKAN MEMBUNUHNYA DENGAN NAFAS MULUTNYA DAN AKAN MEMUSNAHKANNYA,KALAU IA DATANG KEMBALI. [NANTI]
    KEDATANGAN SI PENDURHAKA ADALAH PEKERJAAN IBLIS ,DAN
    AKAN DISERTAI RUPA-RUPA PERBUATAN AJAIB,TANDA-TANDA DAN MUJIZAT-MUJIZAT PALSU ,DENGAN RUPA=RUPA TIPU DAYA JAHAT TERHDAP ORANG-ORANG YAMG HARUS BINASA KARENA MEREKA TIDAK MENERIMA DAN MENGASIHI KEBENARAN YANG DAPAT MENYELAMATKAN MEREKA.
    DAN ITU SEBABYA ALLAH MENDATANGKAN KESESATAN ATAS

    BalasHapus
  26. Dylan. P yang baik..

    kenapa anda hanya terpaku pada ayat kolose 1:15 selalu,tidak di artikan sampai ayat 16-17. juga hanya pada wahyu 3 : 14 saja..saya mohon dengan sangat diskusikanlah dengan kerabat ssy yang lainnya mengenai ayat ayat lainnya yang disampaikan oleh penulis di atas why 3:7, yes 6:3, 1yoh2:20, why 15:4 juga why 2:1, why 1:8,11,17, yes 44:6. why 22:12-13.Tetapi dengan tujuan yang tulus mencari kebenaran Alkitab seutuhnya, Bukannya persepsi sendiri dari sepengal ayat ayat di alkitab.

    oya mengenai pertanyaan anda yesus ada dimana setelah meninggal bukannya sudah dijawab di kayu salib sebelum menghembuskan nafas terakhir bahwa di firdaus. dan kalau anda tidak percaya berarti menyangkal Yesus dengan mengatakan yesus berbohong. itu bisa diartikan segala kepintaran anda dalam menghafal dan menjabarkan alkitab.. maaf mempunyai tujuan tersembunyi yang tidak baik dong pada akhirnya. seperti menyesatkan/penyesatan..karena mempunyai landasan yang salah. (sekali lagi maaf..yang mungkin tanpa anda sadari dan kehendaki)

    salam dalam Yesus Kristus Tuhan dan Jurus Selamat.

    BalasHapus
  27. Saya sangat sepaham dgn artikel diatas.....

    BalasHapus