Kamis, 25 Maret 2010

Siapakah Saksi Yehova/Yehuwa itu?

Banyak anggota gereja di Indonesia yang bertanya: siapakah saksi Yehova itu? Pertanyaan ini ada karena banyak orang Kristen di Indonesia yang pernah berjumpa serta berdialog dengan mereka. Saksi Yehova dikenal dengan kegiatan mereka yang sering menyebarkan doktrin-doktrin aliran mereka itu.

Dilihat dari luar, Organisasi saksi Yehova sepertinya dapat diartikan sebagai salah satu aliran Kristen. Mereka membaca Alkitab dan menghormati Yesus Kristus. Akan tetapi apabila diselidiki lebih lanjut, gerakan tersebut lebih tepat disebut sebagai suatu bidat dalam agama Kristen. Mereka tidak menerima Yesus sebagai penjelmaan Tuhan Allah, menolak paham Trinitas/Tritunggal, serta banyak lagi ajaran saksi Yehova yang secara umum ditolak oleh umat Kristen (termasuk umat Katolik).

Bidat saksi Yehova tidak bisa dianggap remeh. Diantara semua bidat yang berlatar belakang kristen di seluruh dunia, saksi Yehova inilah salah satunya yang paling cepat bertumbuh besar.
Apakah yang menyebabkan saksi Yehova bertumbuh pesat? Ada beberapa sebabnya.
1. Saksi Yehova tidak membedakan antara kaum pendeta dengan kaum awam. Tiap anggota dilatih menjadi penyebar ajaran mereka.
2. Saksi Yehova mengaku sebagai pelajar Firman Allah. Maka itu, banyak orang berlatar belakang kristen (juga yang berlatar belakang agama lain) tertarik untuk mempelajari kitab suci.
3. Ada beberapa ajaran saksi Yehova yang menarik perhatian orang. Misalnya saksi Yehova menolak ke-Ilahian Jesus, menolak paham Trinitas/Tritunggal. Orang yang berlatar belakang Islam, atau orang yang menganggap paham Trinitas terlalu rumit untuk diterima, mungkin akan menyambut baik ajaran saksi Yehova .
4. Penganut saksi Yehova diberikan indoktrinasi, atau suatu rentetan pengajaran dan pelatihan, yang cukup meyakinkan. Sehingga mereka menjadi pribadi-pribadi yang kuat akan keyakinannya itu.

Oleh karena itu, ada sebagian orang kristen yang menolak untuk bersaksi kepada saksi Yehovah. Bahkan ada dikalangan penginjil dan pendeta yang menolak untuk menginjili mereka. Sayangnya, justru sikap demikian yang membantu pertumbuhan bidat yang menyesatkan ini.

Ingat: Tiap penganut saksi Yehova--- sama seperti manusia lainnya, adalah manusia yang berharga di hadapan Allah! Sangat berharganya sehingga Jesus Kristus mati untuk mereka! Kita orang kristen juga punya kewajiban untuk bersaksi kepada mereka.

Kadang-kadang ada saksi Yehova yang seolah-olah menyombongkan diri, karena ada tokoh-tokoh Kristen yang menolak bercakap-cakap dengan mereka. Saksi Yehova menganggap bahwa mereka sedang dianiaya oleh dunia ini, ketika orang Kristen menjauhi mereka.

Kita sebagai orang kristen:
1. Tiap orang kristen--- tidak hanya pendeta, diberikan Amanat Agung Tuhan Jesus: "Kamu akan menjadi saksi-Ku" (Kis 1:8)
2. Mari kita meningkatkan usaha kita dalam belajar dan mengajar Firman Tuhan. Jangan sampai penganut bidat justru yang lebih giat daripada kita, orang kristen.
3. Mari kita mempelajari soal-soal doktrin, dan tidak menganggap hal itu hanya urusan para Theolog saja. Jika kita rajin belajar, maka kita akan menemukan bahwa doktrin-doktrin saksi Yehova sesungguhnya tidak lebih sederhana dan tidak lebih mudah diterima, daripada ajaran-ajaran kristen umumnya.
4. Mari kita mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sehingga kita memiliki iman yang teguh dan memiliki pengetahuan tentang Firman Tuhan yang baik. Sehingga kita dapat menjadi saksi Kristus.

17 komentar:

  1. YA,KETIKA SAKSI JEHOVAH BERSAKSI ,LEBIH BAIK KITA MENDOAKAN MEREKA .DAN KITA BERKATA BAHWA KITA ADALAH SAKSI YESSUS .DAN YESSUS ADALAH JEHOVAH

    BalasHapus
  2. Agama yg benar di lihat dari buahnya(tingkah lakunya)Matius 7:16.Saya perhatikan,Saksi saksi Yehuwa sangat menjunjung tinggi standar moral yang sesuai dengan prinsip alkitab.Terlebih lagi,mereka sangat menghormati nama Allah,Yehuwa.Dan mereka sangat beriman akan korban tebusan Yesus Kristus yang adalah satu satunya putra yang di peranakan Yohanes 3:16.Apa bahayanya jika dengan sengaja melawan Allah yang benar Yehuwa? Silahkan baca Mazmur 83:1-18.Sebenarnya d alkitab LAI,ada nama Allah,silahkan buka alkitab tersebut di halaman terakhir,di bagian kamus...TUHAN salinan dari nama Allah israel,Yahwe.Di indonesia sering di kenal dengan Yehuwa/Yahwe.Jika ada yang berminat ingin tahu lebih banyak,sambutlah para saksi Yehuwa yang berkunjung ke rumah anda,dan tanyakan apa yang ingin anda ketahui.Terimakasih.

    BalasHapus
  3. saksi yehuwa sama halnya dengan orang2 farisi/saduki/ahli2 taurat pada zaman Tuhan Yesus di dunia. mereka sulit mengerti bahwa Yesus dan YHWH adalah satu.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Ya mantap boer
      smua yg baca artikel konyol ini.... Mesti mampir ke sini jw. Org

      di situs itu kalian akan paham kebenaran

      Hapus
  5. Bagaimanapun Kristen Saksi Yehova,jika dilihat teologinya adalah tetap golongan agama kristiani. Karena mengimani Tuhan Bpk,Yesus dan Bibel/Alkitab,sama seperti Kristen Protestan. Didalam Islam,mungkin spt Syiah. Jika Akhmadiah sdh bukan Islam lg,krn Nabi yg dianut sdh beda,yaitu Mirza Ghulam Akhmad,demikian juga kitab sucinya bukan Al Qur'an lg,tapi Tajzkiroh. Adapun dianggap sesat krn adanya penyimpangan hal syari'at tertentu saja. Adapun kitab suci adalah Al Qur,an,Rosulnya tetap Nabi Besar Muhammad SAW,sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muslim Ahmadiyah Syahadatnya sama dgn muslim mainstream, Nabi dan Rasul nya Nabi Muhammad SAW, Kitab Sucinya Al-Quran, Tazkiroh bukan kitab suci. Perbedaan muslim lain dengan MUSLIM AHMADIYAH hanya terletak pada Pengakuan Kedatangan Imam Mahdi yang telah dinubuwahkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Hadist-hadist beliau. Muslaim Ahmadiyah mempercayai dan telah berbaiat kedatangan Seorang IMAM MAHDi Almasih yang dijanjikan sebagai Imam Zaman pada abad 14Hijrah ini sementara Muslim Lain masih menungu-nunggu entah kapan datangnya. Hz.Mirza Ghulam Ahmad AS telah mendakwakan dirinya sebagai Imam Mahdi yang kembali melanjutkan kemenangan Islam atas agama-agama lain dengan misi membawa Ajaran islam yang diajarkan Nabi MUhammad SAW ke penjuru dunia. www.alislam.org

      Hapus
    2. Muslim Ahmadiyah Syahadatnya sama dgn muslim mainstream, Nabi dan Rasul nya Nabi Muhammad SAW, Kitab Sucinya Al-Quran, Tazkiroh bukan kitab suci. Perbedaan muslim lain dengan MUSLIM AHMADIYAH hanya terletak pada Pengakuan Kedatangan Imam Mahdi yang telah dinubuwahkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Hadist-hadist beliau. Muslaim Ahmadiyah mempercayai dan telah berbaiat kedatangan Seorang IMAM MAHDi Almasih yang dijanjikan sebagai Imam Zaman pada abad 14Hijrah ini sementara Muslim Lain masih menungu-nunggu entah kapan datangnya. Hz.Mirza Ghulam Ahmad AS telah mendakwakan dirinya sebagai Imam Mahdi yang kembali melanjutkan kemenangan Islam atas agama-agama lain dengan misi membawa Ajaran islam yang diajarkan Nabi MUhammad SAW ke penjuru dunia. www.alislam.org

      Hapus
  6. Saksi yehuwa menganggap yesus adalah nabi....yesus adalah Tuhan.

    BalasHapus
  7. Saksi yehuwa menganggap yesus adalah nabi....yesus adalah Tuhan.

    BalasHapus
  8. Cari di kamus ALKITAB TUHAN ( Salinan dari Nama Allah orang YAHUDI YAHWEH bila diterjemahkan ke Bahasa indonesia menjadi YEHUWA) ingat sewaktu YESUS di Tiang Siksaan ia disebut Raja Orang Yahudi. Nama YEHUWA muncul sekitar 7000 kali dalam naskah ASLI ALKITAB KUNO
    Tetapi seiring perkembangan Zaman, Para tokoh Agama menghilangkan nama tersebut, karna mereka mengganggap nama tersebut terlalu SUCI untuk disebutkan. Tetapi YESUS mengajarkan kita Agar nama Allah di Sucikan.( Dalam contoh doa Yesus, ia secara spesifik menyebut Allah sebagai ”Bapak Kami)

    Beberapa Gelar Yehuwa

    Mahakuasa. Kuasa-Nya tak terbatas, tak terkalahkan.—Penyingkapan 15:3.

    Bapak. Sumber segala kehidupan, termasuk kehidupan abadi, Ia memiliki kasih sayang kebapakan bagi hamba-Nya.—Amsal 27:11; Yohanes 5:21.

    Instruktur Agung. Guru yang mahabijaksana, Ia tempat untuk mendapatkan petunjuk dan bimbingan.—Yesaya 30:20; 48:17.

    Gunung Batu. Tidak berubah, Ia tempat berlindung yang aman.—Ulangan 32:4.

    Gembala. Ia menuntun dan melindungi hamba-Nya yang seperti domba dan mempersiapkan makanan rohani bagi mereka.—Mazmur 23:1.

    Siapakah Allah?
    JAWABAN: Yehuwa, Bapak dari Yesus, adalah Allah yang kekal dan maha kuasa, Pencipta segala sesuatu.

    APA KATA ALKITAB:
    ”Kami selalu bersyukur kepada Allah, Bapak dari Tuan kita, Yesus Kristus, bila kami berdoa bagi kamu.”—Kolose 1:3.
    ”Yehuwa, ya, Allah kami, engkau layak menerima kemuliaan, kehormatan, dan kuasa, karena engkau menciptakan segala sesuatu.”—Penyingkapan (Wahyu) 4:11.
    Lihat juga Roma 10:13; 1 Timotius 1:17

    YESUS ANAK ALLAH BUKAN ALLAH
    (Yohanes 16:28, Aku datang dari Bapak dan telah datang ke dunia. Selanjutnya,
    aku akan meninggalkan dunia dan pergi kepada Bapak.”) Yohanes 8: 42 Yesus mengatakan kepada mereka, ”Jika Allah adalah Bapakmu, kamu akan mengasihi aku, karena dari Allah aku datang dan berada di sini. Aku pun tidak datang atas prakarsaku sendiri, tetapi Pribadi itulah
    yang telah mengutus aku)Ayat lainnya Baca (Yohanes 5:25-27,30)Baca ( Mazmur 29 , nama Allah diucapkan berulang-ulang kali, lalu mengapa
    Ia melarang kita mengguNakan namanya.

    KAMI PERCAYA PENUH KEPADA YESUS. KALIANPERCAYA PADA PARA KULTUS TOKOH AGAMA DAN PARA PENDETA, ingat percayalah pada perkataan ALKITAB sebab ALKITAB adalah Firman Tuhan ( Allah ) tapi mengapa kalian lebih mempercayai perkataan manusia dibanding kepercayaan kepada Allah....

    SEKIAN


    BalasHapus
  9. Yesus adalah tuhan allah dia adalah alfa dan omega yang awal dan yg akhir yang dahulu dan yg terkemudian. Yang masih meragukan yesus adalah tuhan bukan kristen sejati. Allah adalah firman yaitu yesus kristus

    BalasHapus
  10. SSY sudara kita yang TERSESAT mari kita doakan mereka supaya mereka sadar dan kembali kepada jalan kebenaran yang sejati.

    BalasHapus
  11. I AM JEHOVAH, that is MY Name .

    - isaiah 42:8 -

    BalasHapus